RAKYAT.NET, Jakarta – Stroke memang penyakit yang kejam, mau tua atau Muda, mau kaya atau miskin, penyakit ini memang tidak pandang bulu, tak heran banyak orang yang takut terkena penyakit ini.

Dilansir dari klikdokter.com, Dr. Natalia Rost, Profesor Neurologi dari Harvard Medical School mengatakan bahwa pengetahuan adalah kunci utama untuk mengurangi risiko terkena stroke. Itulah sebabnya kamu harus tahu langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mematikan satu ini.

1. Turunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan risiko terkena stroke. Karena itu diupayakan tekanan darah tidak lebih dari 135/85 mmHg agar tidak menimbulkan masalah pembuluh darah.

Untuk menjaga tekanan darah normal kamu bisa batasi konsumsi garam diet tidak lebih dari 1.500 mg/hari (sekitar setengah sendok teh), kurangi makanan kolesterol tinggi seperti makanan cepat saji dan ganti dengan banyak konsumsi serat (Buah dan Sayuran).

2. Turunkan berat badan

Cobalah untuk makan tidak lebih dari 1.500-2000 kalori per hari karena kondisi badan kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan risiko terkena stroke.

3. Olahraga

Tak hanya membuat badan segar, olahraga rutin juga bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah obesitas. Dengan demikian, rutin berolahraga bisa mencegah terkena stroke.
Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap pagi setelah sarapan selama 30 menit sehari. kalau tidak sempat, olahraga 10-15 menit tapi dilakukan lebih dari sekali sehari. Kamu juga bisa memanfaatkan tangga kantor kamu. Kalau gak tinggi banget, daripada naik lift lebih baik memanfaatkan tangga biar sekalian olahraga.

4. Stop merokok

Kebiasaan merokok bisa mempercepat pembekuan darah sehingga lama-kelamaan timbul plak yang menghambat aliran darah. Karena itulah disarankan untuk berhenti merokok agar kesehatan tetap terjaga, termasuk terhindar dari stroke.

5. Kurangi makanan bergula

Kadar gula darah tinggi bisa membentuk gumpalan-gumpalan darah akibat pembuluh darah rusak. Ujung-ujungnya berakibat stroke, jadi usahakan menjaga kadar gula darah tetap normal dengan pola makan seimbang (hindari karbohidrat dan makanan bergula tinggi, perbanyak makan-makanan beserat) serta olahraga teratur.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah stroke. Ternyata kalau diperhatikan sebenarnya gampang ya, cuma memang butuh disiplin. Semoga kita semua mampu menjaga badan tetap sehat.