Suara.com – Ingin menurunkan berat badan ? salah satu metode diet yang populer di dunia adalah diet apel. Diet ini hanya mengkonsumsi apel selama beberapa hari dan berpuasa makan makanan lainnya. Seperti yang dilansir oleh express.co.uk, Buat Anda yang ingin mengawali program diet untuk pertama kalinya, diet apel bisa menjadi pilihan karena dapat membersihkan organ internal dengan baik (detoks).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tammi Flynn (a registered dietitian and Group Training instructor at Gold’s Gym) di Washington – Amerika Serikat telah membuktikan fakta ini. Flynn menemukan fakta bahwa kliennya yang mengkonsumi satu buah apel (tanpa diolah) sebelum makan mampu menurunkan berat badan. Kemudian Flynn melakukan eksperimen dengan 3 buah apel, dia menemukan hasil yang luar biasa. Hanya dalam 12 minggu kliennya mengalami penurunan berat badan 17 pound (setara dengan 8 kg).

Sebelum memulai diet apel ada baiknya Anda mengetahui aturan menjalani diet apel berikut ini :

  1. Konsumsi apel organik yang matang dan bukan yang masih kehijauan.
  2. Konsumsi apel saat sarapan, makan siang dan makan malam di diet apel hari pertama.
  3. Pada hari kedua, Anda dianjurkan untuk sarapan dengan apel hanya dengan jumlah secukupnya hingga Anda memiliki energi untuk mengawali hari. Kemudian, saat makan siang, Anda dapat membuat menu yang bervariasi, misalnya dengan satu apel dicampur dengan salad hijau, wortel dan daun bawang. Sementara saat makan malam, konsumsi apel secukupnya.
  4. Pada hari ketiga, saat sarapan Anda dapat makan satu apel dengan roti gandum dan sepotong ayam tanpa kulit. Untuk makan siang, Anda kembali mengkonsumsi apel disertai salad hijau dan wortel dan daun bawang.
  5. Untuk hari keempat, Anda dapat makan satu apel, roti gandum dan sepotong daging bebas lemak. Untuk makan siang, Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti biasa yang terdiri dari apel, salad hijau dan daging sapi panggang tanpa lemak. Untuk makam malam, kembali konsumsi sejumlah apel.
  6. Di hari kelima, mulailah sarapan dengan apel, telur rebus dan sepotong roti gandum. Untuk makan siang, Anda dapat mengkonsumsi apel, sayuran rebus, serta daging sapi panggang tanpa lemak. Dan di malam hari, Anda kembali mengkonsumsi apel.

Menurut para peneliti dari Rumah Sakit St.Michael di Toronto untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan makanan seperti apel sebenarnya sangat baik karena dapat membuat kita merasa kenyang seperti makan nasi, tetapi rendah kalori dan mengurangi lemak jenuh.

Beberapa konten apel seperti serat dan polifenol akan membantu kita menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here