TEMPO.CO, Jakarta – Karolina Pliskova akan resmi menjadi petenis nomor 1 dunia, seperti tercantum dalam peringkat WTA terbaru yang akan diterbitkan 17 Juli nanti. Petenis putri asal Republik Cek itu sebelumnya tercatat di peringkat 3 WTA, dan hanya mencapai babak II Wimbledon 2017 setelah dikalahkan Magdalena Rybarikova 6-3, 5-7, 2-6.

Keberuntungan didapatkan Pliskova lantaran dua petenis peringkat di atasnya juga gagal melaju hingga final di Wimbledon 2017. Angelique Kerber dari Jerman yang sebelumnya berperingkat 1 WTA, kalah di babak IV. Sedangkan peringkat 2 WTA, Simona Halep, juga tersingkir di perempat final.

Tambahan 70 poin dari penampilan di Wimbledon 2017, cukup untuk mendongkrak Pliskova ke peringkat 1 akibat kegagalan Kerber dan Halep tersebut. Pliskova adalah petenis Republik Cek pertama yang menjadi peringkat 1 dunia. Dia juga orang ke-23 yang menduduki peringkat tertinggi ini, sejak sistem peringkat berdasarkan nilai diperkenalkan pada tahun 1975.


Karolina Pliskova (kiri) dan saudara kembarnya, Krystina. (wtatennis.com)

“Dimahkotai sebagai petenis nomor 1 dunia, merupakan penghargaan tertinggi yang bisa kami berikan. Saya memberikan selamat untuk Karolina atas pencapaiannya yang luar biasa. Karolina adalah atlet yang patut menjadi teladan di dalam dan di luar lapangan. Dia pantas mendapatkan penghargaan ini,” kata Steve Simon, Ketua WTA.

Pliskova yang lahir di Louny, Republik Cek, pada 21 Maret 1992, mempunyai saudara kembar, Krystina, yang juga petenis dan sama-sama turun di Wimbledon 2017. Pliskova sebenarnya belum pernah memenangi satupun gelar juara grand slam. Prestasi terbaiknya di turnamen grand slam adalah finalis Amerika Serikat Terbuka 2016. Di ajang Wimbledon, pencapaiannya tidak pernah melebihi babak II.

WTA | DON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here