RAKYAT.NET, Jakarta – Pernahkah Anda memperhatikan warna urine Anda? Sebab warna urine menunjukkan kesehatan tubuh Anda. Setiap warna urine dapat menunjukkan informasi tentang kesehatan seseorang. Pada tingkat dasar warna urine bisa menunjukkan tingkat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Walaupun dehidrasi tubuh bisa dilihat dari rasa haus, kondisi urine juga menjadi petunjuk terbaik. Kondisi tubuh sangat memengaruhi warna urine. Itu karena saat tubuh memproses makanan atau membuang racun, seperti mineral tertentu atau bahan kimia, akan terlihat dalam urine. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengonsumsi obat. Inilah mengapa untuk alasan tertentu tes urine menjadi pilihan.

Arti warna urine yang perlu kita ketahui:

1. Bening/Transparan Warna urine yang transparan memiliki arti baik. Ini artinya tubuh Anda terhidrasi lebih dari cukup.

2. Kuning Pucat Jika warna urine Anda adalah kuning pucat artinya Anda sehat. Ini juga berarti tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

3. Kuning Warna urine kuning merupakan warna yang normal. Ini juga menunjukkan bahwa tubuh Anda cukup terhidrasi.

4. Kuning Tua Warna ini menunjukkan Anda baik-baik saja. Tapi, mungkin Anda perlu menambah asupan air karena ini berarti tuuh Anda sudah dalam ambang batas terhidrasi.

5. Kecokelatan atau Warna seperti madu Warna kecokelatan pada urine Anda menunjukkan Anda mengalami dehidrasi. Artinya, Anda perlu minum banyak air untuk mengatasinya.

6. Cokelat Warna urine yang cokelat pekat memiliki arti kurang baik. Itu karena warna ini bisa menunjukkan adanya penyakit hati (liver) atau dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meminum lebih banyak air. Jika setelah minum banyak air warna urine tidak berubah, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

7. Oranye Warna oranye pada urine menunjukkan bahwa Anda sedang dehidrasi atau mengalami masalah liver atau saluran empedu. Selain itu, warna ini juga bisa disebabkan oleh pewarna makanan yang Anda konsumsi. Jika mengalami warna urine seperti ini, Anda perlu mengingat kembali makanan apa yang menyebabkan warna tersebut. Tapi jika Anda tidak memakan makanan berpewarna, segera temuilah dokter untuk memriksakan diri.

8. Biru atau hijau Warna urin biru atau hijau kebanyakan disebabkan oleh pewarna makanan. Tapi jangan sepelekan, ini juga bisa berarti beberapa hal. Misalnya, efek dari obat-obatan, infeksi bakteri, atau penyakik genetik yang langka. Untuk memastikannya, segera temui dokter.

9. Pink atau kemerahan Jika sebelumnya Anda mengonsumsi buah bit, blueberry, atau makanan berpewarna merah, Anda tak perlu khawatir. Namun, jika tidak, sudah sewajarnya Anda memeriksakan diri ke dokter. Itu karena warna kemerahan dalam urine bisa menunjukkan adanya infeksi, darah, masalah prostat, atau penyakit ginjal.

10. Berbusa atau berbuih Bagi Anda yang mengalami urine berbusa atau berbuih, mungkin ada masalah pada ginjal atau hanya kelebihan protein. Meski begitu, jika hal ini terjadi terus-menerus, sebaiknya segera temui dokter.

Sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here