RAKYAT.NET, Jakarta – Waktu tidur di malam hari sangat penting bagi perkembangan balita. Balita harus tidur lebih lama dibanding ayah dan ibunya. Dan ketika mereka tumbuh besar jam tidurnya pun akan mulai berkurang disebabkan aktifitas fisik mereka makin berkembang.

American Academy of Sleep Medicine (AASM) membagi waktu tidur anak menjadi dua kelompok, yaitu anak-anak (bayi hingga usia 12 tahun) dan remaja (usia 13-18 tahun). Peneliti meninjau artikel ilmiah tentang tidur dan mencari tahu hubungan antara lama waktu tidur dan kesehatan anak-anak.

Tidur yang cukup akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi dan anak. Maka disarankan untuk mengetahui berapa lama waktu yang tepat untuk bayi tidur. Peneliti juga menemukan bahwa cukup tidur bisa mengurangi risiko usaha menyakiti diri sendiri seperti bunuh diri dan mengalami penyakit mental lainnya.

Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan berapa lama anak kita harus tidur malam terutama anak bayi dan balita kita.

Berikut ini adalah waktu tidur yang tepat untuk bayi yang berumur 0-12 bulan.

1. Usia 0-3 bulan selama 16 jam

2. Usia 3-6 bulan selama 14,5 jam

3. Usia 6-9 bulan selama 14 jam

4. Usia 9-12 bulan selama 13 jam

Untuk membuat si kecil merasa nyaman dengan tidurnya jangan lupa untuk selalu memakaikan bayi baju yang nyaman, dan memberi minyak telon untuk membuat tubuh si kecil lebih hangat.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here