JawaPos.com Kebutuhan kepala sekolah untuk tingkat SD di Kabupaten Cirebon mendesak. Pasalnya dari 40 posisi yang baru memenuhi syarat 11 guru. Bahkan, jika proses perekrutan tidak berjalan normal, pada 2019 mendatang akan ada 140 SD tanpa kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar mengatakan, sekitar 80 guru sudah diseleksi oleh BKPSDDM. Namun, mereka belum mengikuti diklat kepemimpinan.

“Salah satu persyaratan untuk menjadi kepala sekolah ini harus mengikuti diklat kepemimpinan kepala sekolah yang diselenggarakan kerja sama antara BKPSDM dengan LP2KS di Solo,” ungkap dia kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, saat ini hanya ada 11 calon kepala SD yang sudah ikut diklat sehingga mereka semuanya bisa dilantik menjadi kepala sekolah. Padahal, kebutuhannya 40. Jadi masih ada 29 SD yang tidak ada kepseknya.

“Sekolah yang tidak ada kepseknya maka akan dijabat oleh Plt,” ujarnya.
Untuk bisa meminimalisir kekurangan kepala sekolah, disdik dan BKPSDM tengah berkoordinasi untuk segera memperbanyak mengirimkan calon kepala SD untuk ikut diklat sebagai syarat wajib menjadi kepsek.

“Sudah dilaksanakan seleksi 80 orang lalu saya serahkan kepada BKD, saya (disdik,red) hanya menghimpun, melaksanakan seleksi kerja sama dengan BKPSDM, nah sudah ada sekitar 80 orang,” ungkapnya.

Menurut Asdullah, yang lebih parah yaitu pada tahun 2019 mendatang, Kabupaten Cirebon akan jauh lebih banyak lagi kekurangan kepala SD. “Nanti di tahun 2019 itu akan kekurangan sekitar 140 kepala sekolah, karena ada yang terkena periodesasi, pensiun. Belum lagi kalau ada yang meninggal tentu akan bertambah,” tuturnya.

Asdullah mengatakan, kepala sekolah yang statusnya Plt masih bisa menandatangani ijazah siswa. “Nggak masalah, yang penting nanti dalam STTB itu ada keterangan Plt berdasarkan SK bupati nomor sekian-sekian,” tuturnya.

Kendati demikian, tetap saja dengan banyaknya sekolah dijabat Plt maka akan sangat berpengaruh dalam pendidikan di Kabupaten Cirebon. “Dengan banyaknya jabatan kepala SD yang di-Plt-kan tentu sangat berpengaruh sekali,” ujarnya.

(den/yuz/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here