RAKYAT.NET, Jakarta – Nyamuk adalah binatang yang menyebalkan sekaligus membahayakan manusia. Nyamuk bisa menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, chikungunya.

Banyak produk di pasaran yang bisa mengusir nyamuk dengan mudah. Namun, kandungan bahan kimia yang ada di dalam produk-produk tersebut dapat membahayakan kesehatan. Inilah bahan yang dapat dipergunakan untuk mengusir nyamuk.

1. Kamper

Kamper adalah pilihan yang bagus untuk mengusir nyamuk dari rumah. Untuk menggunakannya, tutup pintu dan jendela rumah, lalu bakar kamper atau kapur barus dan biarkan selama setengah jam. Setelah setengah jam, silakan masuk kembali ke dalam kamar. Nyamuk-nyamuk pasti sudah keluar.

2. Biang es

Es kering atau biang es adalah bentuk padat dari karbon dioksida. Biang es bisa berfungsi sebagai “magnet” untuk nyamuk. Caranya dengan memasukkan biang es ke dalam kotak dan letakkan di satu tempat yang jauh dari jangkauan. Ketika semua nyamuk mulai datang mendekat ke kotak ini, segera tutup dan jauhkan dari rumah. Proses ini mungkin memakan waktu yang lama tetapi cukup efektif dan aman.

3. Bawang putih

Bawang putih ternyata juga mampu menjadi obat pengusir nyamuk. Caranya dengan menggiling beberapa siung bawang putih dan didihkan di dalam air. Setelah itu, tuang ke dalam botol penyemprot dan semprotkan air bawang putih tersebut ke ruangan yang banyak nyamuk. Cairan ini akan membantu membunuh nyamuk.

4. Daun kemangi

Daun kemangi juga bisa membantu membunuh jentik nyamuk. Tempatkan tanaman kemangi di pintu masuk rumah untuk mengusir nyamuk dari rumah.

5. Daun mint

Semua orang suka mint, tetapi nyamuk justru menjauh. Anda bisa menyemprot jus daun mint atau memercikkannya di ruangan dalam rumah. Selain disemprotkan, kamu juga bisa mengoleskan minyak mint pada tubuh.

Sumber: msn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here