Jakarta, CNN Indonesia — Harga cabai di Pasar Induk Kramat Jati anjlok usai Lebaran tahun ini, dan berada di bawah level Rp10 ribu. Padahal, harga cabai tahun lalu tercatat melambung setelah Lebaran.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Sutrisno (40) mengemukakan, ia menjual cabai merah keriting berkisar Rp6 ribu-Rp7 ribu per kilogram (kg). Hal ini turun jika dibandingkan dengan sebelum Lebaran yang masih berada di harga Rp25 ribu per kg.

“Cabai lagi enggak ada harganya sekarang. Pasokan terlalu banyak. Pembeli masih liburan, karena kan anak sekolah juga masih libur,” ucap Sutrisno di sela-sela waktu berdagangnya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (1/7).

Harga cabai merah keriting, jelas Sutrisno, memang paling jatuh jika dibandingkan dengan jenis cabai lainnya. Untuk cabai merah besar masih dijual dengan harga Rp16 ribu-Rp17 ribu per kg. Sementara, harga cabai hijau keriting dijual senilai Rp14 ribu per kg dan cabai hijau besar Rp15 ribu per kg.

Menurutnya, pasokan saat Ramadan tipis. Dengan demikian, pemilik warung dapat menjual lebih tinggi karena permintaan dan pasokan berbanding terbalik.

“Mahal pas Ramadan karena pasokan sedikit, yang metik cabai sedikit. Sekarang pasokan bengkak,” terang Sutrisno.

Penjual cabai lainnya di Pasar Induk Kramat Jari, Romli (45), mengakui harga cabai yang turun setelah Lebaran. Namun begitu, warungnya masih dapat menjual cabai merah keriting pada kisaran Rp10 ribu-Rp12 ribu per kg.

Alasan yang sama dikemukakan oleh Romli, yakni karena pembeli yang belum semuanya kembali ke Jakarta, sehingga jumlah pembelian berkurang setelah Lebaran.

“Habis Lebaran ‘ambrol’, karena pembeli belum banyak. Sempat jual di Rp8 ribu-Rp9 ribu per kg. Hari ini Rp12 ribu kg paling mahal,” katanya.

Bahkan, saat hari Lebaran ia menjual cabai merah kerinting dengan harga Rp7 ribu per kg. Romli menjelaskan, sifat cabe yang tidak bisa terlalu lama didiamkan membuat penjual terpaksa menjualnya dengan harga murah jika memang ada pasokan berlebih.

“Misal ambil Sabtu, kekuatan dua hari lah, jadi Senin harus sudah laku. Harus cepat,” jelas dia.

Sutrisno mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka tentu kondisi ini jelas berbeda. Pada tahun lalu, cabai merah keriting dijual dengan harga sekitar Rp18 ribu per kg setelah Lebaran. Bahkan, harga cabai merah besar naik mencapai Rp40 ribu per kg.

“Kalau hijau keriting dan besar sama sekitar Rp13 ribu-Rp14 ribu per kg,” tandas Sutrisno.

Di sisi lain, kedua penjual sepakat harga cabai akan kembali normal pada hari Senin esok (3/7), seiring dengan kembalinya warga Jakarta dari kampung halaman dan seluruh aktifitas dimulai kembali.

(gir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here