RAKYAT.NET, Jakarta – Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta meresmikan Program Urban Farming atau Pertanian Perkotaan di Jalan Cempaka Timur RW 10 Kelurahan Cempaka Putih Timur. Program itu pula yang membuat kawasan tersebut diberi nama Gang Hijau.

Sandi melihat program Urban Farming mampu menyerap lapangan kerja dan mengedukasi masyarakat untuk bertani di lingkungan rumahnya dan ketiga untuk stabilitas harga.

“Karena di sini ada cabai, anggur, sayur dan sebagainya. Ketiga ada edukasi bagaimana menghadirkan ruang terbuka hijau. Terakhir ditutup kegiatan UMKM yang punya nilai ekspor. Ini kita harapkan direplikasi di wilayah lain,” kata Sandiaga, Kamis (28/12).

Sandi menyempatkan diri berkeliling menikmati suasana Gang Hijau. Dia tertarik melihat buah anggur yang sedang panen. Seketika warga meminta dirinya untuk memanen anggur tersebut. Sandiaga tidak bisa menolak, dia menuruti keinginan warganya dan menaiki tangga untuk memetik anggur.

Saat diminta mencicipi anggur, Sandi memohon maaf tidak bisa karena sedang puasa.

Usai memanen anggur, Sandi menanam pohon mangga bersama dengan Kepala Dinas Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Darjamuni. “Yuk warga semuanya nanem pohon,” katanya.

Sandiaga menargetkan 150 titik wilayah di Jakarta bisa dibuat seperti Gang Hijau termasuk di kawasan rumah susun. Saat ini baru terealisasi di 15 wilayah.

“Jadi ada Rusun Pesaki dan Cibesel. Kita target ada 15 rusun yang tematik jadi semua ada temanya. Di Pesaki itu temanya urban farming, Cibesel juga,” katanya.

Sandiaga juga mendorong lahan-lahan kosong di sekitar Sudirman-Thamrin dihijaukan dengan program urban farming tersebut. “Kita dorong vertical farming. Kita dorong lahan tidur semua dihijaukan termasuk Jalan Sudirman, Jalan Thamrin kan keren nanti kalau hijau, nanti kita kasih intensif juga,” jelas Sandi.

Sumber: merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here