Jakarta, CNN Indonesia

Memulai hari terasa kurang lengkap jika belum menyesap secangkir kopi. Hal ini seakan membuat coffee shop di berbagai sudut kota laris manis.

Bahkan orang Australia membuang setidaknya 50ribu cangkir kertas saat membeli kopi. Jika dihitung sehari jumlahnya mencapai 2,7 juta cangkir.

Ide daur ulang

Kenyataan ini membuat sebagian orang tersadar akan kebutuhan cangkir kopi daur ulang. Sayangnya di Sydney, coffee shop kerap kehabisan materi daur ulang.

Pengirimannya pun harus menunggu hingga enam minggu. Dikutip dari The Sydney Morning Herald, salah satu pendiri perusahaan pembuatan cangkir Huskee Cup, Saxon Wright membuat cangkir kopi dari lapisan dalam biji kopi atau husk.

“Kami ingin menciptakan sebuah lompatan, sehingga kami pikir jika kami bisa menggunakan limbah dari perkebunan untuk membuat cangkir, kita bisa menyelesaikan persoalan baik di level kafe dan perkebunan,” jelas Wright dikutip dari The Sydney Morning Herald (22/7).

Ide ini bermula di perkebunan di Provinsi Yunnan, China. Wright melihat bagaimana para petani mengolah limbah kopi dan mulai berpikir limbah ini bisa dimanfaatkan.
“Kami bertemu dengan para insinyur dan perancang industri dan menyadari itu memberi kami beberapa hal menarik, seperti menjaga agar kopi tetap panas,” katanya.

Menggalang dana

Kampanye lewat Kickstarter pun digalakkan untuk mengumpulkan dana. Targetnya, cangkir ini bakal rilis di pasaran pada Februari mendatang. Sydney pun mendukung kampanye ini dengan menyumbang AUS$25ribu atau sekitar Rp265juta.

“Di area kami sendiri, 100juta gelas cangkir berakhir di tempat sampah tiap tahun, tiap satu cangkir perlu 50 tahun untuk diuraikan. Semua berkat lapisan plastik di dalamnya,” kata Walikota Clover Moore.

Kickstarter, selain sebagai wadah pengumpulan dana, juga menjadi media pemasaran cangkir. Tersedia dua warna pilihan, yakni matte black dan white finish. Mengutip laman Indie Go Go, satu paket berisi empat cangkir dengan pilihan ukuran 180 , 240 dan 360 mililiter.

Ukuran 180 mililiter dibanderol dengan harga AUS$39 atau sekitar Rp414 ribu. Cangkir ukuran 240 mililiter dijual dengan harga AUS$456ribu dan 360 mili liter seharga AUS$49 atau sekitar Rp520ribu. Harga-harga ini belum termasuk ongkos kirim.

(frt/frt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here