RAKYAT.NET, Jakarta – Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto kembali ke lintasan balap mobil. Kali ini dia menjajal kemampuan di ajang Formula E. Kesempatan ini merupakan yang pertama usai kariernya di Formula 1 musim lalu berakhir.

Rio turun dalam sesi uji coba Formula E seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Selasa 3 Oktober 2017 waktu setempat. Dia memacu mobil versi Spark SRT_01E sebanyak 30 putaran.

Diakuinya, mengendarai mobil Formula E memberi sensasi berbeda. Tingkat kesulitannya pun tergolong tinggi, terutama mengenai teknik pengereman.

“Dengan mobil ini, sulit untuk melakukan pengereman. Bagian depan mobil akan sangat panas setelah melewati tiga atau empat putaran,” kata Rio, dikutip dari Autosport.

“Benar-benar sangat menarik untuk mengubah keseimbangan di setiap putaran, dan itu benar-benar menantang,” imbuh pria asal Surakarta itu.

Formula E merupakan ajang adu kebut mobil bertenaga listrik. Rio mendapatkan mobil dengan tenaga sebesar 200 kilowatt. Sehingga, dia merasa puas dengan hasil yang didapat dalam sesi uji coba.

“Ini bukanlah balapan sebenarnya, tetapi saya sudah mulai mengerti bagaimana cara kerjanya. Saya puas dengan kecepatan yang didapat hari ini,” ujarnya.

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here