TEMPO.CO, Jakarta – Anak Anda mulai terlihat gemuk atau bahkan mengalami obesitas? Jika ya ingatlah mereka tak boleh menjalani pola diet tertentu. Lalu bagaimana agar berat badannya kembali ideal?

Spesialis nutrisi dan penyakit metabolik dari RSCM, Dr. dr. Damayanti R. Sjarif Sp. A(K) mengatakan sebaiknya kembalikan pola makan sehat anak, tiga kali sehari dengan asupan nutrisi sehat dan seimbang.

Kemudian, untuk makanan camilan, dia menyarankan memilih buah-buahan dalam bentuk utuh, bukan jus.

“Mulai gemuk? Ingat ya anak tidak boleh diet. Kembali ke pola makan normal. Snackbuah-buahan saja. Tidak boleh dijus. Potong-potong saja. Kalau dipotong-potong jelas misalnya satu apel. Kalau dijus bisa lima apel,” tutur Damayanti dalam talk show kesehatan di Jakarta, Senin.

Selain itu jangan lupa imbangi dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup.
Dia mengingatkan orangtua memperhatikan asupan makanan anak terutama di 1000 hari kehidupannya (sejak masa kandungan ditambah dua tahun setelah dilahirkan), karena tercukupi atau tidaknya kebutuhan ini bisa berpengaruh hingga masa dewasanya.

“1000 hari alami gizi buruk, akibatnya permanen. Agar anak pintar, bebas penyakit degeneratif itu dimulai dari makanan di 1000 hari pertama (waktu diperut ibu 9 bulan ditambah dua tahun). Karena menentukan anak nanti sehat, pintar,” kata dia.

“Otak sudah tumbuh pada 1000 hari pertama. Dalam 1000 hari kemampuan anak dalam melihat, kemampuan matematika, komunikasi, emosi, motor development-nya terjadi,” imbuh Damayanti.

ANTARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here