RAKYAT.NET, Jakarta – Jumlah penumpang Transjabodetabek Premium meningkat sebagai salah satu efek positif penerapan aturan ganjil genap jalan Tol Jakarta-Cikampek. Setelah sistem ganjil genap di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jakarta diberlakukan, sekarang satu bus rata-rata mengangkut 30 penumpang dari kapasitas tempat duduk sebanyak 34 kursi.

“Ada peningkatan dibanding dengan hari biasa, setiap bus yang berangkat hampir penuh,” kata seorang petugas pengecek tiket penumpang, Dhedie Rasmana.

Ia mengatakan, Transjabodetabek Premium dengan harga tiket Rp 20.000 mulai melayani penumpang dengan tujuan Plasa Senayan, dan Grogol dari Bekasi Barat sejak pukul 05.30 Wib.

Hingga pukul 07.45 Wib, sebanyak sembilan armada bus telah berangkat menuju Jakarta sesuai jadwal. Dari semua bus yang berangkat, kata dia, hampir semuanya penuh dengan penumpang.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihantono mengatakan, meningkatnya jumlah penumpang Transjabodetabek Premium karena pengalihan kendaraan dari mobil pribadi ke angkutan massal.

“Yang tidak bisa membawa kendaraan karena terbentur peraturan ganjil genap, pindah ke angkutan umum,” kata Bambang.

Menurut dia, ganjil genap cukup efektif mengurai kepadatan di tol Jakarta-Cikampek pada saat jam sibuk berangkat kerja. Selain itu, kebijakan ini juga dibarengi dengan pengaturan truk berat tidak boleh melintas di jalan tol mulai pukul 06.00-09.00 Wib.

Sumber: merdeka.com
Photo: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here