RAKYAT.NET, NEW YORK — Jaringan toko ritel mainan terbesar Amerika Serikat (AS), Toys R Us, sudah mengumumkan kebangkrutannya. Toko mainan tersebut sudah mengajukan dokumen pailit pada 19 September 2017.

Padahal pada musim panas ini, salah satu vendor terbesar, Product Launcher, baru saja mengantarkan seratus ribu fidget spinners edisi DC Comics kepada Toys R Us. Pada akhirnya, vendor mainan tersebut memutuskan ikatan terhadap Toys R Us.

“Tapi kami telah membuat keputusan untuk tidak lagi menjual ke Toys R Us,” kata Direktur Eksekutif Product Launcher Linda Parry Murphy dikutp dari Reuters, Senin (25/9).

Saat ini, vendor mainan tersebut yang juga memasok barang baru lainnya seperti squishies dari lima pembuat maianan lainnya memprediksi Toy RUs tidak akan bisa membayar untuk pesanan fidget spinners senilai 500 ribu dolar AS. Begitu juga dengan mainan lainnya yang akan bernasib sama usai pengajuan pailit Toys R Us. Padahal, Murphy menilai para pembuat mainan bergantung banyak terhadap Toys R Us.

Sementara itu, pembuat boneka Barbie, Mattel Inc (MAT.O), perusahaan game, papan mainan Hasbro Inc (HAS.O), dan vendor besar lainnya seperti Lego bisa mendapatkan pembayaran penuh. Hal itu didapatkan setelah Toys R Us meminta hakim untuk menyetujui pembiayaan khusus sebesar 325 juta dolar AS untuk membayar vendor tersebut.

Di sisi lain, tunggakan pembayaran Toys R Us ke Product Launcher mencapai satu juta dolar AS. Jumlah klaim tersebut jauh di bawah total klaim terbesar Toys R Us yang berkisar 2,5 juta sampai 135 juta dolar AS.

Hingga saat ini, Toy R Us menolak untuk mengomentari secara spesifik tentang hubungannya dengan Product Launcher atau vendor lainnya. Juru bicara Toys R Us, Nicole Hayes hanya mengatakan pihaknya sudah mendapat dukungan dari vendor.

“Kami berharap dapat terusbekerja sama dengan mereka selama bertahun-tahun yang akan datang,” tutur Hayes.

Dia mengatakan perusahaan akan mengandalkan dana baru sebesar 2 miliar dolar AS untuk mendanai operasional perusahaan.

Sumber: republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here