RAKYAT.NET, Jakarta – Mudik Lebaran jalur darat diperkirakan akan mulai hari ini, Jumat (8/6/2018). Sejumlah titik pun sudah ditandai oleh Korlantas Polri sebagai rawan macet. “Kami identifikasi ada 10 titik krusial yang nantinya harus diantisipasi,” ujar Kaden PJR Korlantas Polri Kombes Bambang SW.

Km 19 Tol Jakarta-Cikampek.

Di titik ini terdapat rest area yang kerap dugunakan sebagai tempat istirahat pemudik yang lelah setelah melakukan perjalan dari Sumatera.

Gerbang Tol Palimanan.

Gerbang tol ini menjadi titik kemacetan karena sebagai pintu keluar dari Tol Cipali. Rencananya seluruh gardu di gerbang tol tersebut akan dibuka untuk mengurai antrean yang kerap terjadi jelang gerbang tol.

Gerbang Tol Kertasari.

Gerbang tol ini menjadi titik rawan kemacetan karena hanya memiliki 13 gardu saja. “Kalau penuh nanti kami buang di Brebes Timur atau Brexit ke arteri. Jadi dikeluakan dari tol mau tidak mau. Kalau ini tidak diantisipai bahaya bisa merembet kemana- mana,” kata dia.

Jembatan Kali Kuto di Tol Batang-Semarang.

Titik ini dinilai akan rawan macet karena pembangunnya belum rampung. Rencananya jembatan ini baru rampung pada H-2 Lebaran. Dengan begitu, arus mudik di tol tersebut akan dialihkan ke jalan arteri, lalu sekitar 300 meter dipersilahkan masuk kembali ke tol. Kelima, Tol Manyaran, Semarang. Keenam yakni Pasar Tonjong akibat ada persimpangan KA yang belum jadi.

Limbangan, Malambong, dan Gentong di jalur selatan Jawa Barat yang terkenal dengan jalan yang berliki di daerah pegunungan. Kedelapan, yakni rest area di Tol Cipali dan Tol Cikampek yakni Km 30 dan Km 101. Titik ini rawan macet saat arus balik.

Rencananya, akan dilakukan contra flow, bahkan one way apabila terjadi kemacetan parah. Sementara titik kemacetan kesembilan dan kesepuluh yakni Pelabuhan Merak di Banten dan Pelabuhan Ketapang di Jawa Timur. Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 13-14 Juni 2018, atau H-3 dan H-2 Lebaran. Sementara arus balik diprediksi lebih tersebar karena waktu libur yang panjang.

Sumber: kompas.com
Photo: aktual.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here