Jakarta, CNN Indonesia — Bepergian ke luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan menjadi menyebalkan jika sesampainya di negara tujuan, kita malah jatuh sakit. Rencana untuk menyambangi sejumlah objek wisata dipastikan kandas, karena tubuh terpaksa beristirahat di kamar hotel.

Dikutip dari Daily Mail, berikut adalah lima tips untuk tetap bugar sebelum menjalani penerbangan jarak jauh ke luar negeri:

1. Konsultasi dokter

Sebelum hari keberangkatan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter langganan yang sudah memahami riwayat kesehatan tubuh Anda. Ikuti anjuran yang diberikan dokter tersebut untuk menjamin liburan tersebut bisa dijalani dengan tetap bugar.

2. Suntik vaksin

Ceritakan kepada dokter tersebut, negara mana yang akan dikunjungi. Ada beberapa negara yang sejumlah daerahnya menjadi endemik penyakit tertentu. Sehingga perlu suntik vaksin untuk memastikan tubuh tidak mudah terjangkit penyakit tersebut.

Tips Tetap Sehat Saat Melancong ke Luar NegeriVaksin akan melindungi wisatawan ketika menyambangi endemik penyakit di daerah tertentu. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

3. Jangan jajan sembarangan

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang diragukan kesterilannya. Supaya aman, sebaiknya minum produk air dalam kemasan, dan memakan buah-buahan yang dikupas sendiri. Kalaupun tergiur untuk jajan makanan di pinggir jalan, pilih yang masih panas dan langsung keluar dari alat masak.

4. Hindari gigitan binatang

Gunakan losion anti nyamuk agar terhindar dari penyakit dengue atau malaria. Hindari hewan-hewan seperti anjing, monyet, dan kelelawar yang gigitannya menjadi media penularan penyakit rabies.

Tips Tetap Sehat Saat Melancong ke Luar NegeriDi beberapa negara, gigitan anjing menjadi media penularan rabies nomor satu. (CNN Indonesia/Safir Makki)

5. Beli asuransi perjalanan wisata

Asuransi perjalanan wisata memang tidak bisa mencegah sakit. Namun, bisa menjadi alat yang ampuh untuk menanggung semua biaya pengobatan yang dibutuhkan di negara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here