RAKYAT.NET, Jakarta – Mengalami kehamilan merupakan kodrat sekaligus kebangaan seorang ibu. Namun ketika mengalami kehamilan keseimbangan tubuh menjadi tidak stabil. Itulah salah satu tantangan ibu-ibu hamil agar tidak mudah terjatuh.

Seperti kita tahu, janin dilindungi berlapis-lapis dinding, mulai dari ketuban, rahim hingga kulit perut ibu. Namun, benturan keras ke perut ketika jatuh sangat berisiko bagi janin. Bahkan beberapa kasus walaupun tidak terjatuh, ketika seorang ibu hamil tersandung bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Menurut psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, ketika seorang ibu hamil mendapat pengalaman tidak menyenangkan, janin yang dikandungnya turut merasakan. Trauma fisik bisa membuat tekanan darah berubah dan ini bisa memengaruhi janin.

Inilah tips untuk ibu hamil agar tidak mudah terjatuh.

1. Usahakan lantai rumah bebas kabel berserakan

Mintalah suami atau tukang listrik merapikan instalasi listrik. Lebih bagus jika semua kabel berada di atas mepet tembok dan pastikan tidak ada kabel listrik melintang di lantai.

Selain menghindari Anda tersandung dan terjatuh karena tersangkut kabel yang melintang dilantai, merapikan instalasi listrik sangat penting untuk menghindakan anak-anak dari bahaya tersengat listrik.

2. Pasang keset karet anti licin di depan pintu kamar mandi dan wastafel

Pasanglah keset karet anti licin di tempat-tempat yang mudah kena air terutama di depan pintu kamar mandi dan di bawah wastafel (tempat cuci tangan). Pasang pula di bawah tempat cuci piring.

Jika tidak ada keset karet, rajinlah mengepel area-area rumah yang mudah tersiram air tersebut.

3. Lebih peka lingkungan sekitar

Selalu peka terhadap lingkungan sekitar dan waspada. Hindari ber-handphone ria saat berjalan. Lebih waspada dalam melangkah. Dan yang sangat penting hati-hati saat naik turun tangga. Jangan tergesa-gesa, pelan-pelan, dan harus lebih berhati-hati.

4. Pakai sepatu yang paling nyaman

Saat hamil kurangi ‘hobi’ pakai high heels. Sebaiknya absen sejenak memakai sepatu hak tinggi.Sebab saat hamil titik gravitasi berubah dan tidak nggak seimbang. Memakai sepatu hak tinggi membuat keseimbangan berkurang dan semakin besar risiko tersandung atau terjatuh.

Pakailah sepatu kayak sneakers atau flat shoes, dengan ukuran yang pas. Selain nyaman di kaki juga aman.

5. Hindari pusing

Menurut James Hanna DPM dari The New York State Podiatric Medical Association, saat hamil seorang wanita cenderung dehidrasi dan kepanasan, gula darah turun drastis apalagi malas makan yang bisa mengakibatkan kepala pusing.

James, menyarankan agar seorang ibu hamil memakai pakaian berwarna cerah, minum air dan makan yang cukup.

Pusing juga bisa terjadi karena tekanan darah rendah. Saat rahim membesar, itu bisa menekan pembuluh darah dan bisa menyebabkan rasa pusing apalagi jika berdiri terlalu cepat.

James menyarankan agar ibu hamil berdiri pelan-pelan saat bangun dari posisi duduk.

Sumber: haibunda.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here