RAKYAT.NET, Jakarta – Lebaran 2019 tinggal beberapa minggu lagi. Berbagai masyarakat terutama para pekerja di kota-kota besar telah mempersiapkan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mudik sekeluarga disarankan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tentukan moda transportasi yang ingin dipakai mudik. Saat ini berbagai pilihan moda transportasi baik semakin terbuka. Mulai dari pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi, maupun motor roda dua. Namun disarankan agar Anda tidak menggunakan motor roda dua untuk mudik jarak jauh yang berpotensi tinggi mengalami kecelakaan karena kelelahan. Jika Anda ingin mudik sekeluarga secara hemat pemerintah dan stakeholder lain menyediakan program mudik gratis.

2. Bagi Anda mudik dengan mobil pribadi, disarankan Anda jauh hari telah mengecheck mobil kesayangan Anda. Periksa kondisi ban, ganti oli mesin, dan onderdil mobil yang sudah usang. Sebaiknya Anda check mobil Anda ke bengkel resmi sesuai merek mobil Anda.

3. Persiapkan kesehatan Anda dan seluruh keluarga. Mudik jarak jauh dengan mobil pribadi, kesehatan kita sebagai driver maupun kesehatan anggota keluarga yang ikut sangatlah penting. Terutama perhatikan kondisi fisik putra-putri kita dan orang tua jika ada dalam rombongan.

4. Tentukan jalur mana dan jalan tol apa yang akan Anda lewati. Browsing internet mencari info-info mudik terutama rest area yang tersedia, dan peta rute mudik serta tetap pantau secara berkala situasi kemacetan menjelang waktu mudik Anda.

5. Sebelum berangkat menuju kampung halaman berdoalah bersama rombongan agar mudik Anda berjalan lancar, selamat sampai tujuan. (Red.)