RAKYAT.NET, Jakarta – Pisang adalah buah yang dikonsumsi banyak orang. Pisang dapat berbuah setiap saat tanpa mengenal waktu ataupun musim. Selain rasa enak, harga pisang yang relatif murah serta mudah didapat menjadikan pisang sebagai buah yang selalu hadir di setiap rumah tangga.

Tetapi pisang memiliki satu kelemahan. Mudah membusuk dan tidak bisa disimpan terlalu lama. Dan dalam kondisi seperti itu, orang akan secepatnya memakan pisang hingga habis jika terlambat sebagai konsekuensinya harus rela membuangnya karena telah busuk.

Beberapa orang menyarankan agar membeli buah pisang dalam kondisi belum terlalu matang agar bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama, sementara yang lain menyarankan untuk membeli buah pisang dalam bentuk satuan agar bisa langsung dikonsumsi. Namun ternyata cara kedua tidak efektif seperti yang diharapkan.

Inilah tips yang bisa kita lakukan agar pisang yang dibeli tidak cepat matang dan membusuk.

1. Bungkus ujung pangkal pisang dengan plastik

Buat yang senang membeli pisang dalam jumlah satuan dan sering tidak ingin mengkonsumsinya langsung, kita bisa menyimpan buah dengan cara membungkus ujung pangkalnya dengan plastik secara rapat untuk membuat pisang tetap segar dan tahan lebih lama.

2. Bungkus pangkal pisang dengan plastik

Cara yang sama juga berlaku buat yang membeli pisang dalam bentuk sisir. Cukup bungkus ujung pangkal pisang dengan plastik rapat-rapat agar pangkal pisang tidak terkontaminasi udara dan menjadi cepat matang lalu membusuk.

3. Gantung pisang

Cara ketiga adalah dengan menggantung pisang. Walaupun terlihat tidak menjanjikan, nyatanya pisang yang digantung tidak cepat matang dan membusuk dibanding yang diletakkan begitu saja di atas meja.

Pada dasarnya, pisang mengeluarkan gas yang membuat buah cepat matang. Tetapi dengan tips tersebut, kita bisa mencegah pisang matang dalam waktu cepat. Jangan menyimpan pisang di dalam kulkas karena suhu di dalam kulkas akan membuat kulit pisang mengeras serta mengubah warnanya menjadi hitam.

Sumber: tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here