Jakarta – Akui saja, kita sulit lepas dari smartphone. Apa pun yang terjadi, sebisa mungkin ponsel jangan sampai ketinggalan karena kita terus menerus menggunakannya. Salah satu efeknya, ponsel jadi cepat panas.

Jika dibiarkan, ponsel bisa jadi overheat atau panas berlebih dan menimbulkan masalah. Untuk mencegahnya, coba ikuti enam tips sederhana berikut ini:

1. Istirahat sejenak
Berhenti sejenak mengintip Instagram dan media sosial lainnya. Meski terdengar sepele, mengistirahatkan ponsel beberapa saat bisa sangat ampuh mendinginkannya.

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung
Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, jangan biarkan smartphone terkena panas matahari secara langsung, terutama saat hari terik.

Smartphone memang rentan terhadap cuaca dan secara otomatis akan mati ketika suhu internal mencapai titik tertentu. Tapi tetap saja, jangan remehkan ponsel terkena cuaca panas.

3. Tutup aplikasi game
Membuka aplikasi game akan menguras baterai. Semakin smartphone bekerja keras, maka semakin mudah smartphone mengalami overheat. Pernah dengar komputer mengeluarkan bunyi berisik? Itu adalah bunyi kipas angin internal untuk mendinginkan suhu komputer. Nah, ponsel pun kira-kira tak jauh beda.

4. Lepaskan casing
Casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas.

5. Turunkan tingkat kecerahan layar
Sama seperti membuka aplikasi yang berat seperti game, tingkat kecerahan layar juga bisa mempengaruhi suhu ponsel. Semakin terang layar ponsel, maka akan semakin menguras baterai. Jadi, coba turunkan tingkat kecerahan layar.

6. Pakai glare screen
Pelindung layar glare screen yang meneduhkan memungkinkan Anda melihat layar ponsel lebih baik di kondisi terang, misalnya di bawah terik matahari. Jadi Anda tidak bergantung pada tingkat kecerahan layar.

Selamat mencoba! (rns/rou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here