Jakarta – Setelah liburan panjang kemarin, pasti banyak momen berfoto bersama keluarga dan teman yang ingin dibagikan. Supaya tidak repot, kita bisa manfaatkan Google Photos dengan fitur Suggested Sharing dan Shared Libraries.

Fitur yang diumumkan pada perhelatan Google I/O 2017 Mei lalu ini, kini sudah bisa digunakan pengguna di Indonesia. Suggested Sharing menggunakan teknologi machine learning yang secara otomatis mengidentifikasi foto dan menyarankan penerima yang dituju.

Ini akan memudahkan kita berbagi foto dengan satu kali tap saja. Kita juga akan semakin dimudahkan mengirim dan menerima foto dengan satu sama lain menggunakan Shared Libraries, serta mengatur dan berbagi foto mana yang ingin dibagikan secara otomatis.

Berikut adalah beberapa tips menggunakannya, langsung dari tim Google Photos.

Suggested Sharing

1. Sharing Tab adalah tempat untuk melihat aktivitas berbagi Google Photos, termasuk foto dan video yang dikirim untuk Anda dan yang telah terkirim ke orang lain. Di bagian atas, terlihat saran berbagi yang dibuat berdasarkan kebiasaan berbagi foto Anda.

2. Google Photos dapat mengenali momen penting seperti liburan sekolah atau acara pernikahan, Google Photos juga dapat memilih foto yang tepat, dan menyarankan siapa yang mungkin ingin melihat foto Anda.

Sebelum mengirimkannya, Anda pun dapat mengubah penerima yang telah disarankan. Dengan Google Photos, Anda tidak perlu khawatir untuk berbagi dengan siapa saja sekalipun mereka tidak menggunakan Google Photos, karena Anda dapat menggunakan alamat email atau nomor telepon mereka.

3. Jika Anda sedang bersama teman dan keluarga Anda yang menggunakan Google Photos, mereka akan mendapat pengingat untuk menambahkan foto mereka ke dalam album terkait. Lalu Anda akan diperingatkan ketika ada foto baru yang ditambahkan dan dapat melihat semua foto di satu tempat.

Tips Berbagi Foto Pakai Google Photos

Shared Libraries
1. Untuk berbagi semua foto Anda dengan seseorang yang spesial, Anda dapat menggunakan Shared Libraries. Misalnya, Daniel ingin berbagi library dengan istrinya, Leslie.

Dimulai dengan menu di kiri atas, dia memilih ‘Share your library’ dan memasukkan alamat email Leslie. Dengan itu, Daniel bisa berbagi seluruh library foto-nya, atau foto orang-orang tertentu, seperti foto Leslie, atau foto anak perempuan mereka. Dia juga dapat memberi Leslie akses untuk foto pada hari tertentu, seperti hari pertama kali mereka bertemu.

2. Setelah Leslie menerima undangan tersebut, dia dapat melihat foto yang telah dibagikan Daniel. Saat Daniel mengambil lebih banyak foto bersama Leslie, Google Photos akan memberi tahu Leslie saat ada foto baru dan membagikannya secara otomatis.

3. Leslie dapat memilih untuk menyimpan semua foto Daniel atau hanya foto anak perempuan mereka secara otomatis. Foto ini akan tersimpan dan muncul di film, kolase, dan kreasi lainnya yang dibuat oleh Google Photos untuk Leslie.

Tips Berbagi Foto Pakai Google Photos

Suggested Sharing dan Shared Libraries–dapat dinikmati di Android, iOS dan web–bisa dimanfaatkan sebagai ruang baru untuk berbagi foto dengan orang-orang yang Anda sayangi secara cepat dan mudah, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmatinya.

(rns/fyk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here