RAKYAT.NET, Jakarta – Harga tanah untuk hunian semakin melonjak tajam. Oleh sebab itu, tak jarang kita harus mensiasati kondisi. Lebih kreatif dalam mentata isi ruang. Terkadang cukup memusingkan bukan?

Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa membangun rumah impian dengan luas tanah kecil. Dan meskipun hanya satu lantai, tetapi masih akan bisa memenuhi seluruh kebutuhan anggota keluarga.

Inilah tips atur ruangan sempit :

1. Jangan banyak sekat ruang

Prinsip dasar agar ruang sempit terkesan luas yaitu minimalkan sekat ruang. Menyatukan fungsi dari beberapa ruang dalam satu ruang. Contohnya adalah di sini, yaitu tempat belajar, ruang televisi dan kulkas berada di satu ruangan.

2. Dapur Efektif

Dapur menjadi salah satu bagian rumah yang hampir tidak mungkin dihilangkan. Namun bagaimana jika hanya kebagian jatah luas ruangan minim? Maka manfaatkan setiap sudutnya seperti ini. Lemari kompartemen di bawah, lemari gantung, jadi bisa menyimpan banyak barang.

3. Kamar Tidur Kecil Bukan Masalah

Jika luas rumah terbatas, maka kamar tidur juga tidak bisa besar. Bagaimana cara agar membuatnya tampak lebih lega? Anda bisa membuat efek refleksi di dinding sekeliling dengan permainan warna cerah. Gunakan warna cat tembok dan lantai yang netral agar tidak terlihat penuh.

4. Rak Partisi yang Efisien

Ingin memisahkan antara satu ruangan dengan yang lain? Gunakanlah rak partisi minimalis. Selain praktis, bisa dipindah-pindah dan juga efisien. Fungsinya juga bermacam-macam. Bisa untuk rak buku atau tempat penyimpanan barang lain.

Sumber: msn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here