TEMPO.CO, Jakarta – Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja 2-0 pada laga persahabatan di Stadion National, Phnom Penh, Kamis. Dua gol dari anak-anak asuh pelatih Luis Milla dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-26 dan Gian Zola pada menit ke-94.

Dalam pertandingan tersebut, Luis Milla menurunkan lima pemain senior yang dipanggilnya, yaitu Kurnia Meiga, Fachruddin, Adam Alis, Bayu Pradana, dan Irfan Bachdim. Meski demikian, pada babak pertama tim Garuda kerap tertekan oleh permainan menyerang yang diperagakan Kamboja.

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-12 melalui penyerang tengah Marinus Manewar. Bola liar di kotak penalti Kamboja berhasil dilambungkannya ke gawang kosong. Akan tetapi, bek Nub Tola berhasil menyapunya ke luar lapangan persis di bibir gawang.

Gol perdana Indonesia datang saat serangan dilancarkan ke sisi kanan pertahanan Kamboja pada menit ke-26. Irfan, yang beroperasi di sayap kiri, berhasil merebut bola dan menendangnya masuk ke gawang.

Kamboja yang mengandalkan pemain divisi tiga Liga Jepang Chan Vathanaka berusaha membalas. Akan tetapi, tekanan demi tekanan urung berhasil. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai turun minum.

Usai jeda, awalnya permainan berlangsung dengan tempo sedang. Bola sering berkutat di lini tengah. Namun, pada menit ke-59, Timnas Indonesia menggebrak pertahanan lawan melalui “solo run” Adam Alis yang melewati beberapa pemain lawan.

Namun, sayangnya upaya yang diakhiri dengan umpan ke Febri Hariyadi itu gagal menemui gawang karena bola dari tendangan Febri melayang di atas gawang Kamboja.

Sebelas menit setelah peluang itu, Yabes Roni yang masuk menggantikan Irfan Bachdim berhasil menusuk ke kotak penalti dari sisi kiri pertahanan lawan. Namun, umpan Yabes ke tengah tidak menemui satupun rekannya.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Bayu Pradana dan kawan-kawan. Pada menit ke-80, Septian David Maulana menyisir dari sayap kiri, melewati pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi, tendangannya masih dapat diblok oleh penjaga gawang.

Beberapa peluang lain diciptakan Indonesia tetapi gol baru datang pada menit ke-90+4. Pertahanan renggang Kamboja sukses digempur oleh punggawa timnas yang berakhir dengan tendangan kaki kiri Gian Zola. Bola berhasil melesat masuk ke pojok kanan bawah gawang Kamboja tanpa bisa dihalau kiper Sou Yaty.

Skor 2-0 pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit asal Thailand Sassadee Warintorn.

Pada laga berikutnya, timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Puerto Rico pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa, 13 Juni 2017.

ANTARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here