JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kelompok paduan suara dari Indonesia mendapat penghargaan dalam lomba paduan suara internasional The 10th Orientale Concentus, International Choral Festival 2017 pada Senin (10/7/2017) di Singapura.

Adalah Grazia Vocalista, yakni tim paduan suara dari SMAN 34 Jakarta. Dalam ajang tersebut, ada dua penghargaan yang diraih, yaitu Gold Grade III pada Kategori Mixed Voices dan Silver Grade II pada Kategori Folklore.

Ketua Paduan Suara Grazia Vocalista SMAN 34 Jakarta Elena Padma Diptya mengatakan, tujuan mereka ikut lomba ini untuk meningkatkan prestasi.

“Kami mulai latihan dari Desember 2016, sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Kalau ada libur sekolah, latihan ditambah lagi, termasuk (latihan) koreografi,” ujar Elena saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/7/2017) di Jakarta.

Selain itu, paduan suara yang beranggotakan 41 orang plus konduktor Kenar Pradipto itu juga mengadakan konser pra-kompetisi pada 6 Mei 2017.

“Kami tak menyangka dapat penghargaan ini karena nilai tertinggi justru diraih pada lagu yang sebenarnya (kami rasa) kurang baik saat ditampilkan,” kata Andrew Manurung, salah satu anggota tim Grazia Vocalista.

Grazia Vocalista pertama kali lahir pada 1989. Selama perjalanannya, tim paduan suara tersebut sudah menyabet banyak penghargaan.

Adapun kompetisi The 10th Orientale Concentus yang diikuti oleh Grazia Vocalista diselenggarakan setiap tahun oleh Ace 99 Cultural, suatu lembaga pendidikan dan seni di Singapura.

Babak penyisihan telah dilakukan di School of The Arts Singapore dan babak Grand Prix digelar di Esplanade Concert Hall pada 7 sampai 10 Juli 2017.

Ada 36 kelompok paduan suara dari sembilan negara yang mengikuti ajang tersebut, di antaranya dari Indonesia, Ceko, Hongkong, Taiwan, Afrika Selatan, dan Filipina.

 

PenulisErwin Hutapea

EditorSri Noviyanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here