RAKYAT.NET, Jakarta – Untuk menghadapi mudik lebaran 2019, PT. KAI menambah jumlah kereta untuk mengangkut penumpang mudik ke daerah tujuan dan arus balik.

Sejumlah tiket KA tambahan Lebaran sudah bisa di pesan mulai hari ini, Senin (16/4/2018). Tiket tiket disiapkan untuk memenuhi tingginya animo masyarakat menggunakan kereta saat Lebaran.

Senior Manager Coorporate Communication Daop 1, Edi Kuswoyo mengatakan untuk Lebaran 2018 dari Jakarta menyiapkan 16 kereta tambahan dengan total kursi 13.816 kursi per harinya. “Penjualan tiket sendiri sudah bisa di mulai sejak Senin (16/4/2018),” kata Edi.

Edi memaparkan beberapa kereta yang dimaksud yakni 9 kereta yang berangkat dari stasiun Gambir, dan 7 kereta yang berangkat dari stasiun senen dengan rincian 13.816 tempat duduk sehari.

Adanya tambahan 13.816 kursi tempat duduk membuat total kursi yang di jual PT KAI mencapai 44.580 per tempat duduk perhari, dengan rincian 30.764 tempat duduk di jual untuk kereta regular dari 78 kereta di Jakarta.

Sementara itu menanggapi jumlah okupansi penumpang kereta yang ada saat ini, Edi mengungkapkan, sejak beberapa minggu lalu tiket perjalanan mudik ke sejumlah kota besar di pulau jawa telah habis terjual. Tercatat hanya dua kota tersisa di Pulau Jawa, yakni Cirebon dan Bandung.

“Sisanya sudah habis sejak pembukaan 7 Maret lalu, tiket sudah mulai di pesan,” ucapnya.

Tak hanya tiket mudik, sebagian besar tiket arus balik sejak H+1 hingga H+4 Lebaran mulai perlahan habis. Sekalipun ada yang masih terjual, harga tiket cukup mahal, bahkan sangat mahal bila dibandingkan dengan tiket pesawat bila di pesan pekan ini.

Seperti tiket pesawat dari Pasar Turi Surabaya menggunakan sembrani yang mencapai Rp750 ribu, sementara bila menggunakan pesawat Air Asia di hari sama harga tiket hanya Rp600 ribu.

Habisnya tiket kereta regular perjalanan dari Jakarta membuat sejumlah kouta angkutan motor gratis terus bertambah. Hingga akhir pekan ini, kouta motor 91% dari total kouta 18.069 kendaraan. Sementara untuk arus balik, tercatat kouta yang ada baru mencapai 8.038 kendaraan roda dua.

Sumber: sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here