RAKYAT.NET, Jakarta – Olahraga bisa menyehatkan tubuh. Namun cidera atau hal buruk lain bisa terjadi jika kita salah dalam melakukan olahraga. Dan beberapa orang dengan kondisi khusus seperti yang memiliki riwayat sakit jantung harus berolahraga seperti yang disarankan dokter. Untuk memperoleh kebugaran dan kesehatan selain memilih jenis olahraga yang tepat tubuh harus disupply dengan asupan makanan yang tepat.

Sebaiknya makan atau tidak ya sebelum olahraga?

Sering kali kita berpikir, seseorang berolahraga karena ingin membakar kalori dalam rangka diet. Lalu, ia beranggapan bahwa tidak makan sebelum latihan fisik dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Ternyata, dilansir dari livestrong.com, tidak makan sebelum olahraga justru dapat menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh. Masalah ini dapat muncul dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Semua ini tergantung dari seberapa banyak latihan fisik yang Anda lakukan dan berapa banyak makanan yang biasa Anda konsumsi setiap harinya.

Jangka pendek

Apabila tubuh tidak memperoleh asupan makanan selama beberapa jam sebelum olahraga, Anda akan mudah merasa lelah dan butuh mengonsumsi karbohidrat setelah 60 menit atau 90 menit sehabis latihan fisik. Dampaknya akan lebih bahaya lagi kalau olahraga yang Anda lakukan berdurasi panjang dan memiliki intensitas tinggi. Selain merasa mudah lelah, Anda juga akan mengalami tekanan darah rendah.

Rasa mudah lelah tersebut timbul akibat tubuh kekurangan karbohidrat yang bisa dibakar saat berolahraga. Sebagai penggantinya, tubuh akan membakar otot atau jaringan organ untuk memberikan energi. Tubuh pun akan kehilangan massa otot dan mudah merasa lelah.

Jangka panjang

Dampak jangka panjang riskan dialami oleh seseorang yang sedang menjalani diet ketat. Kalau Anda kurang makan dan tidak mengisi kembali karbohidrat saat hendak berolahraga, Anda berisiko mengalami kekurangan nutrisi, seperti anemia.

Selain itu, apabila Anda sering makan dalam porsi kurang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tubuh akan mengalami kelaparan. Kondisi kelaparan ini justru membuat berat badan sulit turun. Bahkan, dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti bone loss, detak jantung tidak beraturan, dan serangan jantung.

Nah, agar Anda tidak mengalami risiko-risiko tersebut, sebaiknya Anda makan makanan berkarbohidrat seperti nasi, kentang, dan ubi secukupnya.

Sumber: bola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here