Jakarta, CNN Indonesia — Penelitian tentang kanguru liar di Australia menunjukkan bahwa hewan marsupial ini cenderung sering beraktivitas dengan tangan kiri mereka, seperti makan, merawat diri dan kegiatan lain, yang menunjukkan bahwa kangguru adalah hewan kidal.

Penelitian gabungan yang dilakukan oleh University of Tasmania dan University of New South Wales (UNSW), bersama dengan peneliti Andrey Giljov, Karina Karenina dan profesor Yegor Malashichev dari Saint Petersburg State University, Rusia, pertama kali mengamati sifat walabi leher merah di sebuah kebun binatang Rusia.
Tindak lanjut penelitian dilakukan pada kanguru abu-abu di taman nasional Maria Island dan taman nasional Mount William, kemudian juga melakukan penelitian pada kanguru merah di UNSW pada 2012 dan 2013.

Ahli biologiĀ  Yegor Malashichev mengatakan bahwa penelitian ini memberi wawasan baru tentang perilaku hewan yang berjalan dengan dua kaki atau bipedal itu.

Penelitian ini didukung oleh National Geographic Society dan diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

“Pada kanguru bipedal, dalam banyak tindakan belajar, ada preferensi kiri yang signifikan di sebagian besar individui,” kata Malashichev seperti dikutip dari Reuters.

Dalam 38 kali pengamatan kanguru abu-abu dari Australia, secara konsisten mereka memakai tangan kiri untuk merawat diri, membawa makanan ke mulut, dan melangkah awal cenderung sering dengan kaki kiri.

Walabi leher merah juga menunjukkan preferensi yang kuat untuk kaki kiri, tetapi ada satu pengecualian menarik.

Ahli ekologi alam liar Janeane Ingram mengatakan, selama ini kanguru dikenal hanya merumput. “Tetapi di kedua taman nasional ini kita melihat walabi leher merah selalu pakai kaki kanan untuk mencabut akar tumbuhan, tetapi mereka selama memakai tangan kiri untuk membawa daun masuk ke mulut,” katanya seperti dikutip dari The Guardian.

Para peneliti mengatakan mereka tidak berniat untuk melakukan penelitian preferensi gerak tangan pada marsupial lain, karena terdapat perbedaan otak.

Kanguru merupakan hewan herbivora dengan kaki yang sangat kuat, kaku yang besar, dan ekor berotot besar. Penemuan ini menandai bahwa kanguru merupakan makhluk berkaku dua pertama selain manusia dan kera yang cenderung kidal. Sikap tegak yang bertumpu dari kaki ini memungkinkan mereka untuk secara bebas menggunakan tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here