RAKYAT.NET, Jakarta – Jelang pilpres 2019, lobi koalisi antar partai makin intens. Partai Demokrat merupakan partai yang cukup diperhitungkan bagi partai lain. Walaupun, partai Demokrat sampai saat ini belum menentukan arah dalam Pilpres 2019 namun telah terlihat tanda-tanda partai berlambang Mercy tersebut akan merapat ke kubu Prabowo Subianto.

Inilah beberap tanda partai Demokrat membuka peluang berkoalisi dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2019 mendatang.

1. AHY bertemu dengan Sandiaga Uno

Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, pada Jumat 18 Mei lalu. Menurut Sandiaga, pertemuan tersebut merupakan langkah awal koalisi yang sedang dibangun antara Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Salah satu yang dibahas adalah sektor perekonomian negara yang menurut keduanya tidak bergerak secara signifikan.

“Mas AHY menyebutnya bahwa daya beli lemah dan saya menyebutnya harga-harga mahal. Jadi kita menyamakan frekuensi dan ini sebuah pertemuan awal yang mudah-mudahan nanti dilanjutkan dengan summit di antara Pak Prabowo dan Pak SBY,” kata Sandiaga.

2. SBY dan Prabowo akan bertemu

Peluang Demokrat gabung dengan Gerindra semakin terbuka lebar. Hal ini karena akan ada pertemuan antara Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun pertemuan ini belum bisa dipastikan kapan akan terjadi.

Namun Wakil Wakil ketua umum Gerindra Fadli Zon mengatakan Gerindra terbuka kepada siapa yang ingin bergabung menjadi partai koalisi, termasuk dengan Partai Demokrat. “Ya nanti kita lihatlah namanya proses kan saya kira juga nanti ada. Memang sudah ada beberapa komunikasi tapi belum firmed nanti kita lihat lah,” kata Fadli Zon.

3. Intens jalin komunikasi dengan Gerindra

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean mengatakan, Demokrat sedang menjalin komunikasi dengan partai Gerindra untuk menyatukan visi misi pada Pilpres 2019. Akankah koalisi? “Kita doakan saja komunikasi ini berlanjut dan menjadi sebuah kesepakatan politik (Demokrat dengan Gerindra),” Ferdinand.

Sumber: merdeka.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here