KOMPAS.com – Ibu hamil memang perlu menjaga diri dan kesehatannya. Hal ini dapat dimulai dari asupan makanan yang sehat yang dibutuhkan bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Pada dasarnya pola makan yang sehat selama kehamilan adalah yang sehat dan seimbang, dan juga menghindari makanan yang mengandung pengawet atau pewarna. Kebutuhan gizi ibu hamil memang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum hamil.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi sumber gizi penting selama kehamilan, yang diolah dari berbagai sumber.

Ikan

Untuk ibu hamil, lemak yang diperlukan adalah lemak tak jenuh gandan seperti minyak jagung atau minyak bunga matahari, dan juga lemak omega-3 seperti ikan laut dalam. Asam lemak ini penting untuk perkembangan dan fungsi saraf janin.

Jus Jeruk

Jus tidak hanya tinggi vitamin C dan asam folat, ini juga merupakan sumber potasium yang baik yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan bahaya tertentu selama kehamilan.

Yogurt

Sumber protein yang baik, yogurt memiliki lebih banyak kalsium daripada susu dan juga mengandung senyawa aktif yang mengurangi risiko infeksi jamur, yang lebih sering terjadi saat hamil.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini merupakan sumber kalsium yang baik, sayuran ini juga kaya akan vitamin C, folat, dan vitamin B6.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama kacang lentil adalah sumber folat yang kaya akan zat besi dan protein. Kacang lentil juga penuh serat, yang dapat membantu mencegah sembelit dan wasir.

Daging

Anemia atau kekurangan zat besi berdammpak pada kesehatan ibu, serta pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan janin. Makanan kaya zat besi dapat diperoleh dari sumber hewani (hati dan daging), dan nabati (sayuran, serelia, kacang-kacangan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here