RAKYAT.NET, Jakarta – 31 Maret 2019 batas waktu lapor SPT Tahunan, wajib pajak sebaik diharapkan segera melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahun 2018 melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara daring (online).

Tersedia beberapa cara lapor SPT yaitu lapor langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau dikirim melalui pos. Tetapi bagi wajib pajak yang tahun sebelumnya lapor secara online melalui e-filing, maka tahun ini wajib melakukan pelaporan secara online.

Bagi mereka yang kurang paham dan masih bingung bagaimana mengisi kolom-kolom SPT, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama menyarankan untuk mempelajari cara pengisian SPT melalui video tutorial di situs DJP.

Setiap wajib pajak harus melaporkan sumber penghasilan, harta, dan kewajibannya (utang) dalam SPT. Apabila terlambat, maka wajib pajak terkena sanksi sebesar Rp 100 ribu untuk orang pribadi dan satu juta rupiah untuk badan.

Kabar gembira, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) juga menyediakan kelas pajak bagi siapa pun yang perlu bantuan dalam mengisi SPT-nya. Untuk wilayah Jakarta, seperti tertulis dalam situs Ditjen Pajak, pekan depan kelas itu akan terselenggara di KPP Pratama Tambora dan KPP Pratama Kuningan.

Di berbagai pusat belanja di Jakarta yang menyediakan layanan e-filing, misalnya di Mall Taman Anggrek, Mall Central Park, Mall Ciputra, Lippo Mall Puri, Mall PIK Avenue, dan Mall Artha Gading. Layanan di mal sejauh ini hanya buka pada hari dan jam kerja. Petugas pajak siap membantu Anda.

Sumber: katadata.co.id