RAKYAT.NET, Jakarta – Kereta tanpa awak atau skytrain di Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi pada hari Minggu (17/9/2017).

Meskipun operasional terhitung baru tahap awal, yakni dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya, pengerjaan untuk operasional skytrain secara penuh, meliputi seluruh area bandara, masih disiapkan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

“Pada tahap selanjutnya, skytrain akan menghubungkan Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track mencapai 3.050 m atau sekitar 3 km. Pengoperasian skytrain merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Awaluddin menjelaskan, setelah skytrain beroperasi secara penuh nanti, headway atau waktu kedatangan di tiap shelter dipatok tiap lima menit sekali dengan total waktu tempuh ke seluruh area di bandara selama 7 menit.

Adapun saat peresmian skytrain kemarin, waktu tempuh dari Terminal 3 ke Terminal 2 tercatat sekitar tiga menit. Layanan skytrain beroperasi setelah melalui proses verifikasi dari Kementerian Perhubungan terkait dengan keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

Tindak lanjut hasil verifikasi tersebut adalah dengan terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 841 Tahun 2017 tentang Izin Operasi Perkeretaapian Khusus kepada PT Angkasa Pura II.

Untuk tahap awal, skytrain dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya akan beroperasi pada pukul 07.00-09.00 WIB, kemudian pukul 12.00-14.00 WIB, dilanjutkan dengan pukul 17.00-19.00 WIB.

Sementara ini, skytrain masih dioperasikan oleh masinis dalam rangka membiasakan sistemnya sebelum benar-benar dioperasikan tanpa awak. Unit skytrain yang dioperasikan baru satu, yakni satu set skytrain yang terdiri dari dua gerbong dengan kapasitas maksimal 176 penumpang.

Satu set skytrain ini akan melintasi perjalanan sepanjang 1,7 kilometer jarak dari Terminal 3 ke Terminal 2 maupun sebaliknya.

Sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here