KOMPAS.com – Microsoft merombak layanan video-chatting Skype di platform mobile Android dengan menambahkan beberapa fitur dan mengubah nuansa antarmukanya. Salah satu fitur barunya bernama “Highlights”, yang lebih kurang sama dengan Snpachat dan InstagramStories.

Ketika membuka aplikasi Skype di smartphone, terpatri tiga tab utama, yakni “Highlights”, “Chats”, dan “Capture”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (2/6/2017) dari Techcrunch.

Highlights

“Highlights” terletak di sisi kiri antarmuka utama. Ketika membukanya, Anda bisa melihat rentetan konten visual berupa foto dan video pendek yang dibagi teman. Anda bisa pula bereaksi ke foto dan video teman dengan emoji love, like, tertawa, sedih, atau kebingungan.

Konten-konten yang dibagi teman itu secara default bertahan selama seminggu, bukan sehari layaknya Snachat dan Instagram Stories. Bahkan, jika disetel, Anda bisa membuat konten tertentu bertahan hingga 24 bulan.

Capture

Untuk membagi konten ke “Highlights”, Anda perlu menggeser antarmuka ke kanan untuk menemukan “Capture”. Anda bisa membidik foto atau video pendek untuk kemudian menghiasnya dengan stiker atau coretan warna-warni.

Selain dibagikan ke “Highlights”, Anda bisa juga membagi hasil “Capture” ke “Chats” untuk orang tertentu atau grup. Perlu digarisbawahi, tak semua kontak Skype serta-merta bisa melihat “Highlights” yang dibagi.

Mereka harus mem-follow teman di “Highlights” secara terpisah untuk melihat konten, begitu juga sebaliknya. Jadi, bisa saja Anda mem-follow “Highlights” para artis dan selebritas ternama tanpa menjadikan mereka kontak Skype untuk chatting atau video-call.

Chats

Perombakan juga tampak pada fitur “Chats” yang memungkinkan pengguna mengobrol dengan teks dan video ke semua kontak Skype. Untuk menambah keseruan, fitur “Chat” dilengkapi bot yang diintegraqsikan dengan layanan pihak ketiga alias add-ins.

Beberapa add-ins yang tersedia adalah YouTube, Gfycat, Upworthy, BigOven, GIPHY, Bing Search, Scoop, MSN Weather, serta Polls.

Artinya, jika ingin memutar video tertentu via YouTube atau mengetahui cuaca dan informasi tertentu via Weather dan Bing, Anda bisa melakukannya di dalam aplikasi Skype tanpa beralih ke mana-mana. Kemampuan ini familiar dengan yang ada di Google Allo.

Selain itu, “Chats” berformat video memungkinkan berbagai interaksi tambahan. Antara lain bisa bermain game bersama teman, menonton video dari YouTube bersama-sama, serta berinteraksi dengan emoji yang lebih interaktif.

Perombakan Skype ini sudah dirilis bertahap untuk pengguna Android. Bagi pengguna iOS harus bersabar hingga bulan depan. Untuk pengguna di desktop Windows, Mac, Linux, dan web, akan bisa menjajal perubahan ini pada pertengahan 2017.

 

Penulis: Fatimah Kartini Bohang

Editor: Reska K. Nistanto

Sumber: TechCrunch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here