RAKYAT.NET, St John’s – Perkembangan teknologi kian memudahkan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh. Namun tahukah Anda, sinyal WiFi pertama bermula dari bukit di pulau Kanada ini.

Jauh sebelum sinyal WiFi muncul di pusat perbelanjaan dan kafe kekinian, sebuah bukit di St John’s, provinsi Newfoundland, Kanada, menjadi saksi akan dimulainya era komunikasi jarak jauh.

Dilansir dari BBC, Senin (4/9/2017), bukit yang memiliki nama Signal Hill itu pertama kali mendapat sinyal wireless pada Desember 1901.

Nama Guglielmo Marconi pun diketahui menjadi orang pertama yang menerima sinyal wireless di Signal Hill. Hal itu pun bukan sebuah kebetulan.

Diketahui, Marconi merupakan seorang anak dari keluarga kaya di Bologna, Italia. Lahir dari keluarga yang berada, Marconi memiliki ketertarikan pada dunia science. Khususnya tentang transmisi dan gelombang elektromagnetik via udara.

Ini Bukit di Dunia yang Pertama Kali Mendapat Sinyal WiFiBangunan bersejarah di Signal Hill (Parks Canada)

Marconi merupakan orang pertama yang menemukan sinyal dengan cara menaruh trasmiter dan penerima lewat antena. Dengan cara itu, Marconi memperluas jangkauan sinyal.

Signal Hill pun menjadi saksi dari kreasi dan dedikasi Marconi akan dunia science. Kemudian, Marconi pun mematenkan inovasinya dan menemukan investor untuk mendukung karyanya.

Kini, traveler pun bisa berkunjung ke Signal Hill di St Johns’s Kanada untuk mengenang jasa Marconi di dunia science. Traveler memang tidak akan bisa melihat stasiun transmisi yang dipakai Marconi, tapi sebagai gantinya ada monumen khusus yang menceritakan kisahnya di Signal Hill.

Atas jasa Marconi, Signal Hill pun dijadikan sebagai situs sejarah nasional oleh Pemerintah. Kala itu, namanya pun bisa disandingkan dengan Mark Zuckerberg atau Steve Jobs kini. Terima kasih Marconi.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here