RAKYAT.NET, Jakarta — Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan (Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009).

Pemilik surat izin mengemudi ( SIM) yang masa berlakunya habis pada periode 24, 25, 26, dan 31 Desember 2017, serta 1 Januari 2018, masih bisa memperpanjang hingga 6 Januari 2018.

Sebab, pelayanan SIM di semua Samsat atau Satpas pada periode tersebut libur. Keputusan itu juga berdasarkan surat perintah Kapolri Nomor ST/3036/XII/2016 tanggal 26 Desember 2016, tentang Hari Libur Nasional 2017.

“Jadi yang masa berlaku SIM-nya habis diperiode itu silahkan langsung memperpanjang,” kata Kompol Fahri Siregar, Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (1/1/2018) sore.

Pemohon, lanjut Fahri bisa melakukan perpanjangan masa berlaku SIM di Samsat, Satpas, atau gerai keliling yang sudah tersebar di seluruh wilayah.

“Dipastikan mulai Selasa 2 Januari 2018 sudah banyak yang melakukan perpanjang. Cukup bilang saja yang masa berlakunnya di libur natal dan tahun baru, petugas juga sudah mengerti,” ujar Fahri.

Selain SIM, untuk pelayanan lain seperti bayar pajak kendaraan bermotor, dan sebagainya tidak akan mendapatkan toleransi.

“Apabila tidak diperpanjang juga masa berlakunya sampai akhir pekan ini, maka pemohon harus membuat ulang lagi,” ucap Fahri.

Sumber: kompas.com, wikipedia
Gambar: polri.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here