TEMPO.CO, Jakarta – Saat ini sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan berpenyejuk udara atau Air Conditioner alias AC.

Tidur di kamar tak nyenyak jika tidak menyalakan AC, berkendara di mobil, bus, atau kereta selalu terpapar AC, sampai kantor kena udara AC, jalan-jalan ke mal juga ber-AC, dan berbagai aktivitas lain yang tak lepas dari udara sejuk bersumber AC.

Persoalannya, apakah aman menghabiskan banyak waktu di ruangan dengan penyejuk udara?

Jawabannya, tidak. AC tak sehat bagi kita. Berikut ini dampak buruk terlalu sering terpapar udara sejak dari Air Conditioner seperti dikutip dari Boldsky:

1. Kulit keriput

AC mengisap uap air dari udara sekitar. Bahkan, kelebaban pada kulit juga akan ditarik keluar oleh AC. Itu sebabnya kulit menjadi kering. Kekeringan juga bisa menyebabkan iritasi dan kulit mungkin mengalami keriput dalam waktu cepat.

2. Memicu sakit kepala dan flu

Pada beberapa orang, ruangan ber-AC dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, bahkan flu dan pilek.

3. Mengganggu sistem tubuh

Saat cuaca cerah, kita masuk ke ruangan ber-AC. Atau, saat keluar dari ruangan ber-AC kemudian memasuki lingkungan yang panas. Tubuh perlu menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang tiba-tiba.

4. Memperburuk kondisi kesehatan

Ruangan ber-AC juga membuat beberapa kondisi kesehatan memburuk. Arthritis, tekanan darah rendah, dan gangguan kesehatan lainnya bisa menjadi lebih buruk saat orang tersebut menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan berpenyejuk udara.

5. Menyebabkan kelelahan

Beberapa dari kita bahkan sampai gemetar atau menggigil saat suhu AC terlalu dingin. Kondisi itu bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

Supaya kulit tidak cepat kering dan kondisi kesehatan tetap terjaga, kita perlu membebaskan diri dari penyejuk ruangan atau AC. Jika kamu bekerja di ruangan ber-AC, maka hindari penggunaan AC di rumah. Minum air secukupnya sepanjang hari untuk menghindari dehidrasi. Jika kamar tidurmu ber-AC, tempatkan baskom di sudut ruangan dan isi dengan air. Cara ini membantu menjaga kelembapan udara di kamar.

LUCIANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here