RAKYAT.NET, Jakarta – Mudik ke daerah asal telah dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak dulu. Berbagai moda transportasi digunakan sebagai sarana mudik.

Bagi Anda yang mudik Lebaran dengan mobil pribadi memilki tugas ganda yaitu mengecek kondisi mobil sebelum mudik ke daerah dan mengecek ulang pasca mudik.

Bagi Anda yang memiliki skill otak-atik mobil mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun bagi Anda yang awam tentang teknis perbaikan mobil sebaiknya Anda segera konsultasi dengan teman atau bengkel resmi agar mobil dapat dipergunakan untuk aktivitas kerja dan aktivitas lain pasca mudik.

Beberapa hal yang harus dicek:

1. Oli mesin

Setelah dipakai mudik perjalanan jarak jauh, mobil harus dicek oli mesinnya. Apakah oli ada penguapan atau tidak. Karena penggunaan dalam rentang waktu lama, non stop, tidak berhenti. Suhu mesin menjadi terlalu tinggi dan oli pun bisa berkurang.

2. Tekanan angin ban

Pastikan ban tetap dalam tekanan angin ideal (33-35 psi), termasuk kaki-kaki harus diperiksa, karena saat dibawa mudik medan bermacam-macam. Mungkin melewati jalan rusak, jalan yang terjal di pedesaan dan lain sebagainya.

3. Mesin

Cek mesin mobil dengan cara mendengarkan suara mesin apakah terjadi perubahan setelah dipakai mudik perjalanan panjang? Dan perlu juga cek bahan bakar. Sebab diperjalanan mudik biasanya terjadi pengisian bahan bakar yang tercampur karena faktor darurat di perjalanan.

Foto: otomotif1