Jakarta – Stasiun luar angkasa internasional (International Space Station/ISS) kini bisa dikunjungi publik. Memang bukan berkunjung secara fisik, melainkan lewat pengalaman menjelajahinya di Google Street View.

Google bekerjasama dengan tim ISS, menghabiskan waktu selama enam bulan untuk memperlihatkan bagian dalam ISS. Adapun foto-foto Street View, seperti dalam keterangan Google, Senin (24/7/2017), diambil oleh seorang astronot dari European Space Agency (ESA) Thomas Pesquet.

“Kami telah menghabiskan waktu selama enam bulan tinggal di ISS. Sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan kami ketika sedang berada di luar angkasa,” kata Pesquet yang kembali ke Bumi pada Juni 2017.

“Ketika bekerja sama dengan Google untuk misi terbaru kami, kami memotret gambar Street View untuk menunjukkan seperti apa bentuk ISS dari dalam, dan berbagi tentang bagaimana rasanya memandang Bumi dari luar angkasa,” sambungnya.

Hasilnya, gambar Street View tersebut kini sudah bisa dinikmati pengguna Street View. Serasa menjadi astronot, kita bisa ‘wara-wiri’ di dalam tempat tinggal Pesquet dan rekan-rekannya selama bertugas.

“Di ISS, kami bisa mengumpulkan data di lautan, atmosfer, dan permukaan bumi. Kami juga bisa melakukan eksperimen dan studi yang tidak bisa kami lakukan dari Bumi,” kata Pesquet menceritakan tugasnya.

Dia mencontohkan berbagai eksperimen yang dilakukannya di luar angkasa, seperti memantau bagaimana tubuh manusia bereaksi terhadap microgravity, memecahkan misteri tentang sistem kekebalan tubuh, mempelajari cyclones untuk mengingatkan penduduk dan pemerintah jika ada badai mendekat, atau memantau jumlah limbah laut yang meningkat pesat.

Pesquet juga menyebutkan sejumlah fakta menarik dari misi yang dilakukan timnya di luar angkasa. Misi ini dipimpin oleh Peggy Whitson, wanita tertua yang terbang ke luar angkasa dan wanita pertama dalam sejarah yang telah memimpin dua ekspedisi pada usia 56 tahun.

“Misi ini adalah tentang pengalaman Street View dan anotasi di luar Bumi untuk pertama kalinya. Orang bisa melihat tempat astronot berolahraga agar tetap menjaga kesehatan fisik, makanan apa saja yang kami makan, dan di mana kami melakukan eksperimen ilmiah,” paparnya.

Dikarenakan berbagai kendala yang muncul ketika tinggal dan bekerja di luar angkasa, Street View tidak mungkin mengumpulkan gambar hanya dengan menggunakan metode yang biasa dilakukan Google.

Sebagai gantinya, tim Street View bekerja sama dengan NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas dan Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama untuk merancang metode bebas gravitasi dalam pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang telah tersedia di ISS.

“Kemudian kami mengumpulkan foto-foto di luar angkasa, yang kemudian dikirim kembali ke bumi untuk digabungkan dengan foto lainnya sebelum diubah menjadi sebuah foto panorama 360 derajat,” terang Pesquet menjelaskan proses kreatif di balik pengambilan gambar Street View ISS.

Aksi Pesquet dan timnya melakukan pengambilan gambar Street View juga diabadikan Google melalui tayangan video YouTube. Seru!

(rns/rou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here