RAKYAT.NET, Jakarta – Kawasan Monas merupakan simbol wajah ibukota Jakarta sekaligus Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah khususnya PEMDA DKI mengambil kebijakan untuk membuat Kawasan Monas tertib dan tertata rapi.

Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta memastikan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat tidak akan semrawut. Dia menyebut pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mensterilkan lokasi tersebut dari pedagang kaki lima (PKL).

“Secara persuasif akan membersihkan daerah tersebut, karena itu steril dari PKL,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta.

Dia menyebut untuk PKL sebenarnya telah diberikan lokasi khusus di Lenggang Jakarta, Monas. Sedangkan untuk parkir kendaraan telah disediakan di eks Lapangan IRTI. “Jadi di Medan Merdeka Barat, Selatan, Utara, Timur sudah kita instruksikan untuk di-clear-kan. Tidak boleh ada PkL dan parkir di sekitar Monas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu mengungkapkan, anggotanya sudah mulai mensterilkan PKL di kawasan Monas sejak Selasa (10/7). Bahkan itu dilakukan selama 24 jam.

“Tiga shift, jadi nggak ada alasan lagi para pedagang. Karena sudah diberikan solusi, pedagang di Lenggang Jakarta dan parkiran di eks Lapangan IRTI,” katanya.

Yani juga menyebut sebanyak 150 personel dikerahkan untuk mensterilkan kawasan Monas. “Untuk Monas saya terjunkan 100 di lapangan dan 50 mobile,” tambahnya.

Sumber: merdeka.com
Photo: infonawacita.com