REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Institut Pertanian Bogor (IPB)  banyak diminati oleh calon mahasiswa. Salah satunya karena banyak beasiswa studi yang bisa diakses dikampus ini. Beasiswa ini berasal dari hasil kerja sama IPB dengan puluhan instansi, lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan yang menjadi donatur tetap pemberi beasiswa.

Direktur Kemahasiswaan IPB Dr  Ir Sugeng Santoso mengatakan, dari sekitar 29 ribu mahasiswa IPB yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, 40 persen di antaranya kurang mampu dan membutuhkan bantuan ekonomi. “Sebanyak 8.640 mahasiswa IPB dari segala jenjang pendidikan mendapatkan beasiswa, baik dari pemerintah pusat, provinsi, BUMN hingga perusahaan swasta,” kata Sugeng Santoso dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (6/7).

Sugeng mengungkapkan, pada tahun lalu misalnya, IPB mampu mengumpulkan total dana beasiswa sebesar total Rp 86,9 miliar. “Bantuan tersebut datang dari pemerintah pusat, provinsi, BUMN dan perusahaan swasta,” ujarnya.

Bantuan beasiswa ini terbagi dua, pertama, mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, dan yang kedua berprestasi. Beasiswaekonomi dasar utama penetapannya adalah kondisi ekonomimahasiswa.
Sedangkan beasiswa prestasi dasar penetapannya adalah prestasi akademik dan nonakademik. “IPB sangat mengapresiasi dan bersyukur puluhan mahasiswanya mendapatkan beasiswa,” tutur Sugeng.

Ia menjelaskan, jenis beasiswa yang diberikan kepada mahasiswaberupa beasiswa penuh dan beasiswa sebagian. Beasiswa penuh (fully-funded scholarship) yaitu dana bantuan untuk membiayai kebutuhan akademik secara keseluruhan. Beasiswa ini berupa pembiayaan kuliah beserta kebutuhan hidup mahasiswa selama berkuliah antara lain: akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian dan tiket perjalanan.

Selanjutnya beasiswa sebagian (partial scholarship) yaitu pemberian dana diberikan untuk menutupi sebagian kebutuhan selama menjalani perkuliahan. Misalnya, penyedia program menanggung biaya perkuliahan, akomodasi, dan perjalanan. “Sementara biaya hidup menjadi tanggungan penerima beasiswa,” ujarnya.
Sugeng menegaskan, IPB senantiasa memasilitasi dan mempermudah para mahasiswanya untuk mendapatkan informasi beasiswa. Informasi beasiswa ini tersaji lengkap dalam website http://kemahasiswaan.ipb.ac.id/?cat=4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here