RAKYAT.NET, Jakarta – Trend dunia pekerja telah terbalik. Dahulu para pekerja didominasi oleh kaum pria namun sekarang para pekerja wanita meningkat di seluruh dunia.

Setiap hari, tren ibu bekerja di seluruh dunia terus meningkat. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Work, Employment and Society pada April lalu menemukan fakta lain yang cukup mengejutkan tentang ibu yang bekerja.

Melansir laman time.com, Senin (14/5/2018), studi bertajuk `Learning from Mum: Cross-National Evidence Linking Maternal Employment and Adult Children’s Outcomes` tersebut menemukan, bahwa anak-anak perempuan dari ibu yang bekerja cenderung memiliki karier yang lebih baik dan gaji yang lebih besar.

Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan Pew Research Center bahwa para ibu yang bekerja memberikan pengaruh karier yang positif pada seluruh anak-anaknya. Para peneliti melakukan analisa data dari dua survei besar berskala internasional.

Para peneliti menggali lebih dalam data karier dan keluarga dari lebih 100 ribu pria dan wanita. Hasilnya, mereka menemukan anak-anak dari ibu yang bekerja cenderung memiliki masa depan yang lebih gemilang dibandingkan anak-anak dari ibu rumah tangga biasa.

Dampak nyata dari ibu bekerja paling banyak ditemukan pada anak-anak perempuan. Para peneliti menemukan, wanita yang dibesarkan oleh ibu yang bekerja cenderung memiliki karier yang lebih baik dengan gaji lebih tinggi dibandingkan anak perempuan dari seorang ibu rumah tangga.

Sebaliknya, anak laki-laki yang ibunya bekerja tumbuh dengan menghabiskan lebih banyak waktu mengurus rumah dan pandai mengurus anak di masa depan. Anak laki-laki dari ibu yang bekerja cenderung lebih pandai mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga.

Akar dari fenomena di atas adalah cara anak-anak menerjemahkan kehidupan sosial dan sikap-sikap yang dicontohkan orangtua di rumah.

Sumber: time.com, liputan6.com
Photo: google images

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here