RAKYAT.NET, Jakarta – Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Dengan luas 8,7 km² Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Dibanding dengan wilayah DKI lainnya, Kepulauan Seribu dinilai masih timpang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana meluncurkan program digital island di Kepulauan Seribu. Karena selama ini masyarakat di Kepulauan Seribu kesulitan dalam mendapatkan akses digital, terutama sinyal untuk berkomunikasi.

Dilansir dari kompas.com, “Kita melihat permasalahan ada di depan mata kita ketimpangan digital dan ketimpangan finansial di Kepulauan Seribu, kadang-kadang sinyal susah di sana, kadang-kadang masyarakat di sana tidak mendapat akses keuangan kita melaunching program digital island,” ungkap Sandiaga di Jakarta Creative Hub, Rabu (7/2).

Sandiaga merencanakan digital island akan diluncurkan di beberapa pulau seperti Pulau Tidung atau Pulau Panggang atau Pramuka karena pulau-pulau tersebut menjadi destinasi wisata. Dan rencananya akan dimulai di Pulau Tidung, dengan adanya digital island akan memudahkan promosi.

Kemudian dapat memudahkan mencari homestay atau sekedar mencari makanan terlebih akan dibangun Jak Grosir. Termasuk pembayaran transportasi melalui digital.

“Jadi nanti postingnya pengalaman-pengalaman mereka di sana itu di-capture entar kita bisa brand salah satu dari pulau di Kepulauan Seribu itu menjadi digital island. Bahwa di sini sudah tidak boleh ada lagi blank spot, sudah tidak boleh ada lagi tempat yang tidak ada instagramable-nya,”

Untuk itu dia telah menugaskan Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah untuk menyiapkan semuanya dan dia menargetkan digital island ini dilaunching Maret atau awal April.

“Bisa di-launching bulan Maret atau awal April itu sangat bermanfaat, karena nanti masuk happy season bagi turis yang bisa ke sana sudah ada tujuan satu pulau yang trully sebagai digital island,” pungkasnya.

Sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here