RAKYAT.NET, Jakarta – Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan terkait dengan adanya aksi Hari Tani yang rencananya akan dilakukan di Tugu Tani, Jakarta Pusat, pada hari ini Rabu (27/9). Untuk itu, petugas keamanan telah menyiapkan pasukan dan rekayasa lalu lintas.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Aziz mengatakan, pihaknya akan menyiagakan sekitar 20.000 personel. Nantinya pengamanan serupa juga akan dilakukan pada aksi yang rencananya akan diselenggarakan pada Jumat (29/9) mendatang.

“Demo kedua Jumat itu rencananya beberapa elemen masyarakat akan demo di Gedung DPR. Kita telah siapkan anggota pengamanan 20.000 personel baik anggota TNI dan Brimob Nusantara,” katanya di Jakarta, Rabu (27/9).

Mengenai banyaknya personel yang berjaga, dia mengungkapkan, itu merupakan hal yang wajar. Mengingat, pasukan yang disiagakan demi keamanan dan ketertiban saat demonstrasi berlangsung.

“Kita selalu siapkan pasukan untuk membuat situasi Jakarta aman dan tertib. Kita betul-betul siapkan supaya benar-benar kepolisian dan TNI bisa menjamin keamanan dan tertibnya pelaksanaan demonstrasi,” jelasnya.

Adapun rencana rute pengalihan arus lalu lintas tersebut:

1. Arus dari Tanah Abang mengarah Patung Kuda dialihkan ke Jalan Abdul Muis – Majapahit – Harmoni dan seterusnya.

2. Arus dari Hayam Wuruk mengarah Merdeka Barat dialihkan ke Juanda – Jalan Pasar Baru – Lapangan Banteng – Pejambon – Ridwan Rais – Tugu Tani dan seterusnya.

3. Arus dari Tugu Tani mengarah Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira – Jalan Lapangan Banteng – Veteran Raya – Harmoni dan seterusnya.

4. Arus dari Tugu Tani mengarah Patung Kuda dialihkan ke keri ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan seterusnya atau ke Jalan Budi Kemuliyaan

“Pengalihan arus bersifat situasional,” kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

Sumber: merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here