RAKYAT.NET – Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia memberikan fasilitas angkutan motor gratis menggunakan kereta api bagi pemudik di  masa libur Lebaran 2019. Untuk angkutan motor gratis arus mudik dapat dinikmati untuk jadwal perjalanan antara 27 Mei sampai 7 Juni, dan arus balik 8-13 Juni.

“Sampai hari ini pendaftar sudah 130 motor di Stasiun Kiaracondong dan 120 motor di Stasiun Cimahi. Sementara kapasitas motis itu per harinya ada 464 motor untuk di lintasan Selatan 1,” kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI), Daerah Operasi II Bandung, Joni Martinus, Rabu (13/03/2019).

Joni menjelaskan, pendaftaran angkutan motor gratis ini sudah digunakan sejak kemarin, Selasa (12/03/2019). Calon pemudik dapat mendaftar online di situs mudikgratis.dephub.go.id hingga 25 Mei 2019. Calon pemudik juga bisa mendaftar langsung di stasiun. Bedanya, calon pemudik yang mendaftar langsung di stasiun, difasilitasi dengan pembelian tiket kereta api.

“Selama tiketnya masih tersedia. Misalnya pemudik hendak ke Surabaya, naik KA Pasundan. Selama tiketnya masih ada, penumpang bisa mudik naik kereta dan motornya bisa naik kereta gratis,” ungkap Joni.

Joni mengingatkan, pendaftaran layanan motis plus fasilitas pembelian tiket kereta itu hanya di stasiun kereta hingga (13/03/2019). “Dari 12 Maret sampai tanggal 13 Mei itu dia difasilitasi untuk bisa sekalian membeli tiket (kereta) selama kuota masih tersedia. Tapi kalau yang bersangkutan mendaftar di atas tanggal 13 Mei sampai 28 Mei, dia hanya mendaftarkan motis saja,” kata Joni.

Dia menjelaskan, calon pemudik juga bisa memanfaatkan layanan motor gratis ini untuk mengangkut motornya, sementara dirinya mudik menggunakan kendaraan yang lain.

Joni menerangkan, di wilayah Daerah Operasi II sendiri, layanan motor gratis hanya dibuka di dua stasiun. “Untuk Lintas Selatan 1 di Daerah Operasi II itu hanya ada di Stasiun Cimahi dan Kiaracondong . Selama 13 hari layanan motis itu disediakan (kapasitas) 464 motor per hari,” kata dia.

Joni mengklaim, animo masyarakat mendaftarkan diri untuk mengikuti layanan motor gratis besar. “Kita pantau ke lokasi langsung di dua stasiun itu, animo masyarakat besar sekali. Tapi masih tersedia. Kita belum petakan dari ratusan pendaftar ini berangkat di hari apa saja dan tujuannya,” kata dia.

Joni mengatakan, di wilayah Daerah Operasi II Bandung tersedia 8.480 tiket yang bisa mendapatkan fasilitas motor gratis, terdiri dari 4.240 tiket untuk arus balik dan 4.240 tiket untuk arus mudik. Empat kereta yang mendapatkan layanan motis ini di wilayahnya, yakni Kereta Kahuripan, Kutojaya Selatan, Pasundan, serta Pasundan Lebaran.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro mengatakan, PT KAI mendukung penuh program pemerintah untuk melayani angkutan motor gratis saat masa mudik Lebaran. “KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini,” kata dia, Kamis (13/03/2019)