TEMPO.CO, Jakarta – Berdisiplin ke sekolah memang harus ditanamkan sejak dini. Orang tua mesti tegas menjelaskan kepada anak bahwa ia memiliki tanggung jawab untuk bersekolah. Adakalanya anak tak mau pergi ke sekolah. Salah satu alasan enggan ke sekolah adalah faktor disiplin.

Psikolog dari Universitas Indonesia, Efriyanti Djuwita mengatakan alasan anak tak mau bersekolah berhubungan dengan faktor kedisiplinan. Ini erat kaitannya dengan pola pengasuhan orang tua. Misalnya karena anak tidak mau berpisah dengan figur ibu.

Alasan lain anak enggan bersekolah adalah masih mengantuk ketika bangun di pagi hari. Jika ini terjadi, Efriyanti mengatakan, orang tua harus melihat kembali pola aktivitas anak seharian. Harus dilihat apakah kegiatan anak sepulang sekolah terlalu berat sehingga anak merasa kelelahan.

Bila kegiatan anak yang menjadi penyebab, Efriyanti menyarankan orang tua mulai melatih jadwal kegiatan anak dari jam tidur, bangun, makan, mandi, mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, dan sebagainya. Dengan membantu anak mengatur jadwalnya, ia akan belajar mengatur diri sendiri di kemudian hari.

KORAN TEMPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here