RAKYAT.NET, Jakarta – Di era generasi “Z” ini kita dimanjakan dengan berbagai inovasi baru yang mengagumkan. Revolusi dari era komputer PC hingga SmartPhone terjadi sangat cepat. Mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman jika kita tidak mau ketinggalan.

International Data Corporation memprediksi ponsel lipat atau foldable phone akan mengancam dominasi tablet di pasaran, karena memiliki layar yang besar. Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian memperkirakan, layar di ponsel lipat akan berukuran 7-8 inci.

“Ukuran sebesar ini masih menjadi domain tablet sampai sekarang,” kata Risky. Walaupun demikian, Risky belum melihat apakah ponsel lipat akan menjadi tren baru dari produk smartphone pada tahun depan, karena bukan bentuk resmi dari masing-masing vendor.

Meski ia mengakui, telah banyak beredar informasi di dunia maya tetapi belum bisa dijadikan patokan penilaian. Kendati demikian, Risky mengatakan, perubahan teknologi pasti ada. Namun, tren selama satu dekade akan ada satu teknologi yang menjadi tren tersendiri.

“Sejauh ini saya belum melihat adanya ciri khas dari tren tersebut, termasuk ponsel lipat,” jelasnya. Selain ponsel lipat, Risky mengungkapkan jika notch atau poni pada layar depan ponsel tidak bisa mendongkrak pertumbuhan smartphone.

Sumber: viva.co.id