MAGELANG, KOMPAS.com – Wali Kota Magelang Sigit Widyinindito memberikan hadiah berupa barang elektronik kepada aparatur sipil negara (ASN) yang tiba di kantornya tepat waktu. Hal ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi agar mereka tetap menjaga disiplin sebagai pengabdi masyarakat.

Para ASN yang beruntung itu adalah Bagus Samudra, Tarmudji, Mukibi, Sukarso, Iswatul Khaisah, Ismail, dam Titus Wahyu. Mereka adalah pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, tidak ada yang mengetahui kepada siapa Sigit akan memberikan hadiah tersebut. Seperti biasa, dia memilih secara acak ke instansi mana yang akan dikunjungi secara mendadak. Kemudian dia akan mengecek ASN yang datang paling pagi di instansi tersebut.

Kebiasaan yang dilakukan oleh Sigit Widyonindito memberikan hadiah ini dilakukan sejak ia menjabat sebagai Wali Kota lima tahun terakhir.

“Hadiah tersebut saya beli dengan dana pribadi. Tidak menggunakan dana APBD. Ini merupakan spontanitas,” kata Sigit, Senin (3/7/2017).

Kali ini ia sengaja memilih PDAM karena merupakan instansi yang paling dekat dengan masyarakat terkait kebutuhan air bersih.

“PDAM memberikan pelayanan kebutuhan air untuk masyarakat, para pegawai harus tepat waktu datang kantor, tidak ada tambahan libur maupun cuti,” ujar Sigit menyinggung masa cuti Lebaran 2017 ASN yang baru saja usai sejak Senin kemarin.

Sementara itu, Sigit juga akan memberi sanksi jika ada pegawainya yang bolos masuk kantor. Sebab, menurutnya para pegawai sudah diberi libur yang cukup panjang, tunjangan kinerja serta gaji ke-13 dan ke-14 yang akan cair awal bulan ini.

“Pegawai sekarang sudah makin sejahtera, kinerjanya harus makin baik dong, jangan malah sebaliknya. Berikan pelayanan yang baik, agar masyarakat makin percaya dengan pemerintah,” tandasnya.

Bagus Samudra salah satu ASN yang menerima hadiah itu mengaku tidak menyangka akan diberi hadiah berupa kulkas dari orang nomor satu di Kota Magelang itu. Bagus memang datang paling awal di kantor pukul 05.20 WIB karena harsu menyiapkan absen untuk pegawai PDAM yang lain.

“Kaget campur senang, apalagi hadiahnya dari Pak Wali. Alhamdulillah, semoga ke depan saya tetap semangat,” katanya tersenyum.

Pegawai lainnya yang beruntung menerima hadiah yaitu Tarmudji datang ke kantor pukul 05.25 WIB mendapat televisi, Mukibi datang pukul 05.36 WIB mendapat dispenser, Sukarso datang pukul 05.45 WIB mendapat kompor gas.

Selanjutnya Ismail tiba di kantor pukul 05.47 WIB mendapat rice cooker, Iswatul Khaisah datang pukul 05.48 WIB mendapat blender, serta Titus Wahyu datang ke kantor pukul 06.00 WIB mendapat setrika listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here