RAKYAT.NET, Jakarta – PT. PLN (Persero) memperluas jaringan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) sebagai infrastruktur penyedia pasokan listrik bagi masyarakat di Bandung. SPLU rencananya merupakan fasilitas pengisian energi kendaraan listrik masyarakat.

Seperti dilansir dari liputan6.com, General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana menyatakan, SPLU kini tersedia di Taman Cikapundung River Spot. Lokasi ini ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya.

Keberadaan SPLU ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), karena bisa mendapatkan listrik untuk mendukung usahanya dengan lebih mudah dan aman.

Manajer PLN Area Bandung Sumarno mengungkapkan, SPLU ini sebagai bentuk layanan PLN, sehingga masyarakat terutama untuk komunitas-komunitas yang mengadakan kegiatan di tempat umum lebih dimudahkan memperoleh listrik.

Di Bandung, SPLU mulai dioperasikan di Pasar Kiara Condong sekitar awal 2017. Sampai saat ini, jumlah SPLU di Kota Bandung sudah ada di 15 titik.

Keberadaan SPLU akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan konsumen dan berkembangnya teknologi, termasuk kebutuhan pengisian energi kendaraan listrik di tempat umum.

Saat ini PLN Distribusi Jawa Barat sudah mengoperasikan 23 SPLU yang tersebar di sejumlah lokasi di Jawa Barat. SPLU yang dikembangkan PLN sejak 2015 ini, antara lain dapat dijumpai di Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Purwakarta, Karawang, Sumedang, Majalaya, dan Bandung.

Kemudian di Cimahi, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Bogor, Gunung Putri, dan Depok. “Hingga akhir tahun ini, ditargetkan sudah ada 26 titik SPLU khusus di Kota Bandung,” tutupnya.

PT. PLN (Persero) menargetkan 5.000 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) terpasang hingga akhir tahun ini. Hal ini guna mendukung pengembangan kendaraan berbahan bakar listrik, seperti motor dan mobil listrik.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS mengatakan, ‎‎saat ini jumlah SPLU tersebut baru mencapai 1.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, seiring dengan pengembangan kendaraan listrik ke depannya, PLN akan meningkatkan jumlah SPLU-nya.

“Di Indonesia baru bisa 1.000 sudah tersebar di seluruh Indonesia. Ki‎ta akan pasang lebih dari 5.000 tahun ini,” ujar di Sarinah, Jakarta, Minggu (10/9/2017).

Dia mengungkapkan, dari jumlah tersebut, sejauh ini yang terbanyak memang berada di Jakarta, mencapai 545 unit SPLU. Untuk di Jakarta, targetnya 1.000 SPLU yang bisa dimanfaatkan masyarakat hingga akhir tahun.

“Di Jakarta (paling banyak), 545 sudah terpasang. Tahun ini antusiasme dari UMKM besar sekali. ‎Tahun ini kita pasang minimal 1.000 SPLU ‎di Jakarta,” kata dia.

Untuk pengadaan SPLU, PLN akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, serta perusahaan swasta lain untuk penyediaan lokasi SPLU. Dengan semakin banyaknya SPLU diharapkan mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

“Kita akan kerja sama dengan instansi pemerintah, dengan kantor-kantor untuk PLN siapkan SPLU di situ. Kita tidak keberatan untuk memasang itu dan diharapkan bisa menarik masyarakat untuk menggunakan motor listrik,” tandas dia.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here