RAKYAT.NET, Jakarta – Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jatinegara masih berjualan di trotoar meski akan ditertibkan hari ini. Mereka berjualan di sepanjang trotoar Jalan Matraman Raya/Jl Urip Sumoharjo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Pantauan sekitar pukul 09.00 WIB, tampak masih ada sejumlah PKL yang berjualan di trotoar Senin (19/3/2018). Lapak-lapak dagangan mereka terlihat berada di belakang garis kuning yang digunakan untuk fasilitas penyandang disabilitas.

PKL berjualan beraneka dagangan mulai dari makanan, alat elektronik, hingga hewan-hewan peliharaan. Sedangkan arus lalu lintas di lokasi terpantau lancar. Sudah tidak ada lagi parkir liar di bahu Jalan Matraman Raya arah Stasiun Jatinegara itu.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan PKL di trotoar Jatinegara rencana akan ditata hari ini. Namun, menurut Bambang, pihaknya masih mencarikan tempat yang pas untuk menata PKL itu.

“Kita lagi gambar design-nya dulu kalau design gambar sudah baru kita lakukan sambil proses yang lain-lainnya,” kata Bambang saat dimintai konfirmasi.

“Jadi nanti akan PKL akan tata di situ tapi akan lihat tempatnya mungkin akan kolaborasi dengan TNI, kan punya halaman tuh tapi kita akan tanya dulu boleh atau tidak nantikan kita lihat,” jelasnya.

Bambang menjelaskan berdasarkan data ada 290 PKL yang berjualan di kawasan trotoar Jatinegara. Dia menyebut khusus untuk PKL yang dagang ikan hias akan direlokasi ke kawasan Jalan Radin Inten. “Kalau untuk pedagang ikan di (Jalan) Radin Inten kan disatukan di sana,” ucapnya.

Pemkot Jaktim, dikatakan Bambang terus melakukan langkah persuasif untuk menata PKL tersebut. Salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi kepada para PKL.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here