TEMPO.CO, Jakarta – Kamar mandi atau toilet merupakan salah satu ruang yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sejak bangun hingga hendak tidur, setiap orang pasti ke kamar mandi untuk sekadar buang air atau membersihkan badan.
Sembari menunaikan segala kebutuhan itu, ada juga orang yang mencari inspirasi di kamar mandi. Karena itu, kondisi kamar mandi juga perlu diperhatikan, terutama bagaimana menata serta memilih bahan dan warnanya.

President-Kitchen & Bath Asia Pacific Kohler Co Angel Yang mengatakan salah satu pilihan warna yang cocok untuk desain kamar mandi dan perabotnya adalah putih. “Kohler Modernlife mengusung bentuk toilet yang minimalis dan berwarna putih karena menyiratkan kebersihan dan elegan,” ujarnya.


Wastafel Kohler di Indobuildtech Expo Jakarta 2017. TEMPO/Alia Fathiyah

Nuansa putih pada kloset, wastafel, dinding kamar mandi, lantai, dan perabot toiletlain, menurut dia, akan memberikan kesan damai dan tenang, tak peduli seberapa luas dan desain kamar mandi atau toilet. “Warna putih dapat memberikan pengaruh kuat di pikiran, menghilangkan kejenuhan penglihatan, serta memberikan ruang untuk relaksasi,” ucapnya.

Lagi pula, dia melanjutkan, warna putih bisa dengan cepat “memberi tahu” jika masih ada noda, seperti sisa sabun, sampo, pasta gigi, atau cairan pembersih, yang tertinggal di perabot kamar mandi. Salah satu produk terbaru Kohler yang diklaim memiliki fitur cerdas adalah kloset dengan inteligent toilet.

Kloset ini dilengkapi dengan pemutar musik dan memiliki sensor untuk mengetahui apakah yang menggunakannya laki-laki atau perempuan. Untuk menyiram klosetatau flush, pengguna tak perlu menekan tombol, tapi cukup mendekatkan atau melambaikan tangan ke sensor flush atau flushometer. “Cara nirsentuh akan mengurangi jumlah kuman pada tangan Anda,” tuturnya.


ALIA F.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here