RAKYAT.NET, Jakarta – Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan proses belajar yang dialami setiap orang dewasa. Namun seiring dengan perkembangan jaman, permainan-permainan tradisional jarang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya.

Jika kita cermati, bermain di ruang terbuka bersama teman-teman sebaya, memainkan permainan tradisional sangat baik untuk kesehatan fisik anak, menambah kreatifitas anak, dan menumbuhkan kecerdasan anak.

Di kota-kota besar, ruang kosong yang dahulu dipergunakan sebagai arena bermain anak telah beralih fungsi. Berubah menjadi gedung-gedung perkantoran dan perumahan serta apartemen.

Sebagai solusi masalah tersebut pemerintah membuat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau juga dikenal dengan singkatan RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman dengan berbagai permainan menarik.

Lengkap dengan pengawasan CCTV, dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komunitas yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.

RPTRA dibangun berada di tengah pemukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaat kehadiran RPTRA bisa dirasakan oleh warga sekitar. Kini anak-anak bisa bermain di luar ruangan memainkan permainan tradisional secara aman tentu dengan pengawasan orang tua dan masyarakat sekitar.

Photo: brilio